World Cancer Day 2024, Tingkatkan Kesadaran dan Pencegahan Kanker di Dunia

World Cancer Day 2024, Tingkatkan Kesadaran dan Pencegahan Kanker di Dunia

Berita Utama | medan.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 14:35
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia 2024, acara spesial diadakan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kanker, mempromosikan tindakan pencegahan, serta menekankan pentingnya deteksi dini.

Data dari Globocan 2020 menunjukkan ada 396.914 kasus baru kanker di Indonesia, dengan kanker payudara, serviks, paru-paru, kolorektal, prostat, thyroid, rongga mulut, dan liver sebagai yang paling dominan.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Close the Care Gap", yang menggarisbawahi hak setiap individu untuk mendapatkan informasi, pelayanan, dan perawatan kanker yang berkualitas.

Menurut dr. Denny Rifsal Siregar, SpB.Subsp.Onk (K), M.Kes sebagian besar pasien kanker yang berobat ke rumah sakit adalah pasien dengan stadium lanjut.

"Sehingga penting untuk mendeteksi penyakit ini secara dini melalui kolaborasi antara pemerintah, organisasi kesehatan, dan masyarakat," katanya.

Acara World Cancer Day Peraboi Medan dihadiri oleh 200 peserta terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, mahasiswa kedokteran, dan tenaga kesehatan lainnya.

Ketua panitia, dr. Endi Taris Pasaribu Msi.Med. Sp. B.Subsp.Onk(K) melaporkan bahwa acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas  Kedokteran USU dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis, M. Ked (Ped), Sp. A, Ph. D dan perwakilan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumut.

"Semoga dengan upaya ini, kesadaran dan pencegahan terhadap kanker bisa semakin meningkat di Indonesia," tandas dr. Endi Taris Pasaribu.

Perwakilan Bidang Organisasi YKI Sumut, Hadyan Yunhas menyatakan dukungannya agar peringatan 'World Cancer Day' menjadi agenda tetap tahunan yang diisi dengan sejumlah acara agar masyarakat teredukasi perihal bahaya kanker.

"Semoga kegiatan ini menjadi agenda tahunan," ucapnya.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, seminar dan talkshow di Hotel Le Polonia Medan menghadirkan para siswa dari beberapa sekolah di Medan, seperti SMAN 1 Medan, SMA 2 Medan, dan SMA 8 Medan. Perhimpunan Bedah Onkologi Indonesia berharap melalui acara ini, peserta dapat menjadi duta untuk menyampaikan pentingnya deteksi dini kanker kepada masyarakat luas.

Topik Menarik