5 Bayi di Parepare Lahir Tanggal 29 Februari, Orang Tua Bingung Rayakan Ulang Tahun

5 Bayi di Parepare Lahir Tanggal 29 Februari, Orang Tua Bingung Rayakan Ulang Tahun

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 14:55
share

PAREPARE, iNews.id - Sebanyak lima bayi lahir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan tepat padai tanggal 29 Februari 2024. Kelahiran bayi ini istimewa karena tanggal tersebut hanya muncul 4 tahun sekali atau biasa disebut tahun kabisat.

Siapa yang tidak bahagia jika buah hati mereka lahir di sebuah tanggal yang istimewa. Inilah yang dirasakan para ibu yang baru melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare.

Meski nantinya tidak setiap tahun merayakan ulang tahun sang buah hati, mereka mengaku senang dan bahagia dengan kelahiran di tanggal istimewa tersebut.

"Saya bahagia anak kami bisa lahir hari ini. Saya sebenarnya tidak pernah merayakan ulang tahun anak, hanya syukuran saja," ujar Suriani, orang tua bayi, Kamis (29/2/2024).

Delfiana Putri, orang tua bayi lainnya juga merasakan kebahagiaan serupa.

"Tentu senang dan bahagia dengan kelahiran di tanggal ini. Tapi memang agak bingung juga nanti merayakannya bagaimana karena 4 tahun sekali. Intinya setiap tahun kami rayakan," katanya.

Sementara Dokter Ahli Kandungan RSUD Andi Makkasau Nurisah mengatakan, sejak dini hari sampai siang ini ada lima bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari.

"Satu bayi lahir secara normal, sedangkan bayi lainnya operasi sesar dengan indikasi medis," ucapnya.

Diketahui, tahun kabisat merupakan tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Dalam 1 tahun tidak secara persis terdiri atas 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik.

Tahun kabisat ini terjadi 4 tahun sekali yang ditandai pada hari terakhir Februari. Pada 2024 ini merupakan tahun kabisat.

Topik Menarik