Kapolri Pimpin Rapim Polri, Beri Arahan Pengamanan Tahapan Pilpres-Pilkada hingga Mudik

Kapolri Pimpin Rapim Polri, Beri Arahan Pengamanan Tahapan Pilpres-Pilkada hingga Mudik

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 13:40
share

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2024 secara tertutup di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024). Dia memberikan pengarahan kepada jajarannya terkait pengamanan tahapan pemilihan presiden (pilpres), Mudik, hingga pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dia mengatakan, Polri telah menindaklanjuti beberapa petunjuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), khususnya mengamankan tahapan pilpres yang memasuki proses rekapitulasi suara.

"Namun di sisi lain kita juga tetap memiliki tugas-tugas pokok yang harus kita kawal dan kita jaga. Sebentar lagi kita akan masuk di bulan Ramadan yang sebentar lagi di bulan Maret," katanya di sela-sela Rapim Polri 2024.

Listyo mengatakan, Ramadan akan menjadi perhatian khusus, terutama ihwal pengamanan mudik Idul Fitri.

"Sebentar lagi kita akan masuk di bulan Ramadan yang sebentar lagi di bulan Maret, ini juga membutuhkan perhatian khusus karena akan terjadi pergerakan mudik yang sangat besar yang tentunya juga harus mampu kita amankan," katanya.

"Di samping tentunya, wilayah-wilayah yang ditinggalkan pemudik di tengah situasi kita menghadapi situasi pemilu," sambungnya.

Listyo mengatakan Polri juga akan melaksanakan pengamanan kegiatan internasional di Bali yang akan dihadiri oleh perwakilan 43 negara. Hanya saja, Listyo belum memerinci waktu pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Setelah itu kita juga akan menghadapi event internasional di Bali, yang dihadiri oleh 43 negara dan ini juga memerlukan perhatian khusus, memastikan pengamanan juga berjalan baik," katanya.

Kemudian pengamanan pilkada, kata Listyo, juga menjadi perhatian Polri karena akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Dan kemudian setelah itu kita akan menghadapi Pilkada serentak di semua daerah, ada 37 provinsi yang harus melaksanakan kegiatan dan juga kabupatennya," katanya.

"Dan ini semuanya butuh kesiapan dari Polri khususnya sebagai penanggung jawab kamtibmas," ujar dia.

Topik Menarik