Apakah Ambisi Pangeran Mohammed bin Salman sebagai Mediator Perdamaian Ukraina dan Rusia Akan Berhasil?

Apakah Ambisi Pangeran Mohammed bin Salman sebagai Mediator Perdamaian Ukraina dan Rusia Akan Berhasil?

Berita Utama | sindonews | Rabu, 28 Februari 2024 - 17:39
share

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengadakan pembicaraan di Arab Saudi dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) dalam upaya untuk mendorong diakhirinya invasi ke Ukraina dan kembalinya tawanan perang dari Rusia.

Sebuah pernyataan di situs Zelenskyy mengatakan kedua orang tersebut membahas rencana Ukraina untuk mengakhiri konflik, dan mengatakan bahwa presiden berterima kasih kepada MBS atas peran mediasinya.

Presiden [Zelenskyy] secara khusus mencatat upaya Arab Saudi untuk membantu memulihkan perdamaian yang adil di Ukraina, kata pernyataan Pemerintah Ukraina, dilansir Reuters. Kepemimpinan Arab Saudi dapat membantu menemukan solusi yang adil.

Kantor Pers Saudi yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa MBS telah menegaskan keinginan dan dukungan Kerajaan Arab Saudi untuk semua upaya dan upaya internasional yang bertujuan menyelesaikan krisis Ukraina-Rusia.

Belakangan dilaporkan bahwa Zelenskyy telah meninggalkan Arab Saudi.

MBS berupaya memposisikan dirinya sebagai mediator potensial untuk mengakhiri perang antara Ukraina dan Rusia bahkan ketika Riyadh tetap bersekutu dengan Rusia dalam kebijakan energi melalui kelompok negara-negara OPEC+.

"Ukraina terus mengandalkan dukungan aktif Arab Saudi dalam mendorong apa yang disebut sebagai Formula Perdamaian untuk mengakhiri invasi besar-besaran, yang menandai ulang tahun keduanya pada akhir pekan," kata Zelenskyy dalam pesannya di X.

Zelenskyy telah menyajikan 10 poin formula perdamaian yang, antara lain, mengupayakan pengusiran seluruh pasukan Rusia dari Ukraina dan pertanggungjawaban atas kejahatan perang pada saat kedua belah pihak berperang dari posisi statis sepanjang sekitar 1.500 km (930 km). -mil) garis depan. Ide-ide seperti itu ditolak mentah-mentah oleh Moskow.

Topik kedua adalah kembalinya tawanan perang dan orang yang dideportasi, tulis Zelenskyy. Kepemimpinan kerajaan telah berkontribusi pada pembebasan rakyat kami. Saya yakin pertemuan ini juga akan membuahkan hasil.

Sebelumnya, pada Senin, MBS juga bertemu dengan Ketua Duma Negara Rusia Vyacheslav Volodin, SPA melaporkan, menambahkan bahwa mereka telah membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama parlemen dan perkembangan yang menjadi perhatian bersama.

Dalam beberapa tahun terakhir, MBS pemimpin de facto Arab Saudi telah mencapai perdamaian dengan Iran, mengupayakan perjanjian damai dengan pemberontak Houthi di Yaman dan juga menawarkan dirinya sebagai pemimpin dalam krisis lain di seluruh dunia.

Sebelumnya, pada Mei 2024, Zelenskyy melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk bertemu dengan para pemimpin Arab dan kemudian bertemu dengan MBS.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar semuanya bertetangga di Semenanjung Arab telah terlibat dalam pertukaran tahanan sejak perang pecah pada tahun 2022.

Kunjungan Zelensky pada Selasa (27/2/2024) terjadi ketika pasukan Kyiv perlahan-lahan dipukul mundur di Ukraina timur. Rusia memperoleh inisiatif ini karena keunggulan besarnya dalam jumlah pasukan dan pasokan senjata, kata para analis militer, sementara Kyiv menunggu berita mengenai ketentuan baru dari mitra Baratnya.

"Militer Ukraina mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah menarik pasukannya dari dua desa lagi dekat Avdiivka di wilayah timur Donetsk setelah pertempuran sengit semalam," ungkap juru bicara militer Ukraina Dmytro Lykhovyi.

"Pasukan Ukraina telah mundur dari Sieverne dan Stepove," kata Dmytro Lykhovyi di televisi nasional. Kedua desa tersebut memiliki populasi total sekitar 100 orang sebelum invasi besar-besaran.

Topik Menarik