Sejarah, Indonesia Hat-trick Gelar Juara Umum ASEAN Para Games

Sejarah, Indonesia Hat-trick Gelar Juara Umum ASEAN Para Games

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 05:55
share

PHNOM PENH Kontingen Indonesia telah memastikan diri sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023 setelah berhasil meraih 128 medali emas hingga Rabu malam ini (7/6/2023). Keberhasilan ini menjadi sejarah bagi Skuad Merah Putih karena berhasil meraih status juara umum dalam ajang dua tahunan tersebut untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Dengan koleksi 128 medali emas, Indonesia tidak dapat dikejar lagi oleh negara lain, terutama Thailand yang berada di posisi kedua saat ini. Hingga Rabu malam (7/6/2023), Thailand telah mengumpulkan 96 medali emas.

"Dengan rasa syukur dan kebahagiaan, kami mengumumkan bahwa apa yang kita harapkan dan cita-citakan bersama seluruh kontingen telah tercapai pada malam ini. Kita telah mengunci posisi juara umum, meskipun masih tersisa dua hari pertandingan," kata Chef de Mission (Cdm) Indonesia, Andi Herman, dalam pernyataannya yang resmi pada Rabu (7/6/2023).

ASEAN Para Games 2023 masih akan berlangsung hingga 9 Juni mendatang. Bahkan, Indonesia masih memiliki kesempatan untuk menambah jumlah medali emas dari beberapa cabang olahraga, seperti tenis meja, bulu tangkis, sepak bola cp, dan para catur.

"Kemenangan ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia karena mampu meraih juara umum tiga kali berturut-turut atau hattrick. Hal ini tidak mudah dicapai oleh negara lain, dan merupakan hasil dari kerja keras banyak pihak mulai dari pelatnas hingga kami tiba di Kamboja," jelas Andi.

Hari ini, Tim Merah Putih telah berhasil meraih 28 medali emas tambahan melalui atlet-atlet yang menjadi kebanggaan bangsa. Cabang olahraga yang memberikan sumbangan medali emas pada hari ini meliputi renang, voli duduk, atletik, angkat berat, dan para catur.

Cabang olahraga renang berhasil menyumbangkan lima medali emas hari ini, termasuk prestasi dari Fajar Nur Hardianto (100 meter gaya dada putra SB4) dan Muhd Gerry Pahker (100 meter gaya dada putra SB6).

Sementara itu, cabang olahraga atletik meraih sepuluh medali emas pada hari ini melalui penampilan gemilang para atlet yang turun bertanding.

Tak ketinggalan, cabang olahraga para catur dan angkat berat juga turut menyumbangkan medali emas bagi Indonesia pada hari ini, masing-masing dengan enam medali emas.

Sementara itu, cabang olahraga voli duduk berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tuan rumah, Kamboja. Pertandingan yang berlangsung di Elephant Hall, Morodok Techo, Phnom Penh, pada Rabu siang (7/6/2023) berakhir dengan skor 3-2 (26-24, 25-22, 18-25, 18-25, 15-13) untuk Indonesia.

(sto)

Topik Menarik