Lagu Thinking Out Loud Dituding Menjiplak, Ed Sheeran Siap Pensiun jika Terbukti

Lagu Thinking Out Loud Dituding Menjiplak, Ed Sheeran Siap Pensiun jika Terbukti

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 23:15
share

Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran dituding melakukan pelanggaran hak cipta karena plagiat atau menjiplak. Ia digugat Kathryn Towsend, putri dari Ed Towsend, penulis lagu Let\'s Get It On bersama Marvin Gaye ke Pengadilan federal Manhattan, Amerika Serikat.

Menurut Kathryn, lagu Thinking Out Loud yang diciptakan Ed Sheeran menjiplak karya ayahnya berjudul Let\'s Get It On. Mereka menuding Ed Sheeran bersama Warner Music Group dan Sony Music Publishing berutang.

Namun, Ed Sheeran membantah tuduhan telah menjiplak karya orang lain. Ia bersumpah tidak bersalah di kasus dugaan pelanggaran hak cipta ini, bahkan berani berjanji untuk berhenti bermusik jika terbukti bersalah.

"Jika itu terjadi (terbukti bersalah plagiat), aku akan berhenti," ungkap Ed Sheeran dilansir dari Daily Mail, belum lama ini.

Tudingan yang diajukan ke pengadilan tersebut sangat mengganggu Ed Sheeran. Apalagi ia merasa Thinking Out Loud adalah lagu yang benar-benar ia tulisnya sendiri, bukan menjiplak.

"Saya merasa tersinggung karena saya mengabdikan seluruh hidup saya untuk menjadi seorang penampil dan penulis lagu, tapi seseorang menghancurkannya," tegas Ed Sheeran.

Lagu Thinking Out Loud Dituding Menjiplak, Ed Sheeran Siap Pensiun jika Terbukti

Ed Sheeran sudah beberapa kali hadir di sidang tersebut sebagai saksi. Pada persidangan, Selasa (25/4) waktu setempat hakim meminta pemutaran lagu Thinking Out Loud dan Let\'s Get It On.

Ben Crump, pengacara dari ahli waris Ed Townsend yang juga rekan dari Marvin Gaye, juga membawa sebuah video sebagai bukti. Video itu berisi rekaman penampilan Ed Sheeran melakukan mash up Thinking Out Loud dan Let\'s Get It On pada 2014.

Aksi penyanyi yang selalu manggung dengan gitarnya tersebut dituding melakukannya sebagai sebuah pengakuan dirinya melakukan plagiarisme.

Topik Menarik