6 Bukti Banjir Bandang di Jeddah, Sering Terjadi semenjak 13 Tahun Terakhir

6 Bukti Banjir Bandang di Jeddah, Sering Terjadi semenjak 13 Tahun Terakhir

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 21:10
share

BATU, iNews.id - Saat musim penghujan seperti ini tentu menimpa semua kota di seluruh dunia termasuk Jeddah. Banjir besar terjadi di Jeddah, Arab Saudi pada Kamis (24/11/22) waktu di tempat. Berikut keterangan berkaitan bukti-bukti banjir besar di Jeddah secara lengkap.

6 Bukti Banjir Bandang di Jeddah

1. Dua Orang Meninggal

Banjir yang terjadi di Jeddah ini memunculkan korban jiwa. Dijumpai sampai sekarang ada 2 orang meninggal karena banjir besar di Jeddah.

2. Curah Hujan Tinggi Jadi Pemicu

Pemicu khusus banjir besar di Jeddah ini ialah tingginya curahan hujan. Menurut Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, curahan hujan pada bagian selatan Jeddah terjadi di antara jam 08.00 dan 14.00 pada Kamis yang capai 179 milimeter.

Curahan ini dijumpai jadi yang tertinggi yang sempat terdaftar. Awalnya, curahan hujan palinng tinggi terjadi pada 2009 saat 123 orang meninggal dalam banjir besar di Jeddah.

3. Berpengaruh Ke Bidang Penerbangan

Banjir besar di Jeddah ini berpengaruh ke bidang penerbangan. Salah satunya efeknya yaitu mengakibatkan ada penangguhan penerbangan di Lapangan terbang Internasional King Abdulazis.

Faksi lapangan terbang juga sudah minta beberapa penumpang mengontak operator untuk ketahui agenda terkini. Selainnya ada banjir, aspek terpenting yang lain ialah karena keadaan cuaca yang tidak mungkin.


Ilustrasi Banjir Jeddah. (okezone.com)

4. Sekolah Ditutup dan Penutupan Jalan

Bukti banjir besar di Jeddah selanjutnya yaitu mengakibatkan penutupan sekolah dan penutupan jalan ke arah Mekkah. Masalahnya Jeddah jadi lajur khusus ke Mekkah untuk warga internasional yang menjalankan beribadah haji.

Badan Jurnalis Saudi resmi (SPA) memberikan laporan sekolah ditutup karena ada prediksi hujan masih bersambung selama seharian. Walau sebenarnya, sekarang ini sekolah di Arab Saudi sedang melakukan ujian akhir.

Sekolah yang ditutup itu yaitu sekolah yang berada di Rabigh dan Khulais. Ini dilaksanakan untuk jaga keselamatan beberapa pelajar.

5. Kerusakan Bangunan dan Kendaraan

Banjir ini mengakibatkan beberapa bangunan hancur kronis. Disamping itu, banjir besar di Jeddah ini menggeret beberapa mobil dari tempatnya sampai sekitaran 4 mtr..

6. Banjir Terjadi Tiap Tahun

Hujan badai pada musim dingin dan banjir ini dijumpai nyaris selalu terjadi tiap tahunnya. Warga juga sudah mengeluh jeleknya infrastruktur di tempat.

Pada 2009 terjadi banjir besar di Jeddah. Selanjutnya pada 2017, polisi di tempat juga terima 11.000 telephone sesudah hujan lebat terjadi di Jeddah. Tahun 2021, pengurangan temperatur di Arab Saudi diperkirakan menyebabkan banjir di Jeddah.

Itulah bukti banjir bandang di Jeddah sering terjadi selama 13 tahun terakhir ini, mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa ya guys. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik