Kenapa Timnas Belanda Pakai Jersey Warna Oranye? Yuk Simak Penjelasannya

Kenapa Timnas Belanda Pakai Jersey Warna Oranye? Yuk Simak Penjelasannya

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 04:14
share

Salah satu hal yang kerap ditanyakan orang-orang ketika melihat Timnas Belanda bermain adalah mengapa mereka menggunakan jersey berwarna oranye. Padahal, bendera Belanda berwarna merah, putih, dan biru.

Usut punya usut, warna oranye yang menjadi warna utama Timnas Belanda bukan terinspirasi dari bendera mereka. Namun, warna tersebut diambil dari warna House of Orange-Nassau, yang merupakan simbol keluarga kerajaan Belanda.

Timnas Belanda
Logo House of Orange-Nassau (Wikimedia Commons)

Sebetulnya bukan hanya Timnas Sepak Bola Belanda saja yang menggunakan warna oranye sebagai warna utama. Tim hoki dan rugby belanda juga menggunakan warna oranye sebagai warna kebesaran mereka.

Saat ini Timnas Belanda sedang berjuang di Piala Dunia 2022 . Mereka akan menghadapi tuan rumah Qatar malam ini, Selasa (29/11/2022) pukul 22.00 WIB di Stadion Al Bayt.

Virgil van Dijk dan kolega membutuhkan kemenangan untuk menjamin mereka lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup A. Maka dari itu, Belanda disinyalir akan habis-habisan di laga nanti.

Piala Dunia 2022
Klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 (Google)

Sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia, Belanda sudah berhasil melaju sampai partai final sebanyak tiga kali, yakni pada edisi 1974, 1978, dan 2010. Sialnya, tak satu pun dari final tersebut yang bisa mereka menangkan.

Di bawah asuhan Louis van Gaal sekarang, Belanda sebenarnya punya tren bagus. Tercatat, sejak Van Gaal menangani De Oranje lagi, mereka sudah melalui 17 pertandingan tanpa kekalahan.

Saya setuju dengan kritik tersebut tetapi kami tidak terkalahkan selama 17 pertandingan dan saya pikir jika Anda melihat selisih gol juga, kami pantas mendapat respek, kata Louis van Gaal saat membahas kritik yang ditujukan ke Timnas Belanda, dikutip dari Sport Bible.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik