Loading...
Loading…
UNESCO Nobatkan Kota Industri Yanbu Saudi Sebagai Learning City

UNESCO Nobatkan Kota Industri Yanbu Saudi Sebagai Learning City

Powered by BuddyKu
Berita Utama | Republika | Senin, 05 September 2022 - 01:55

IHRAM.CO.ID, YANBU - Kota Industri Yanbu didapuk menjadi kota di Arab Saudi yang dinobatkan sebagai Learning City oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Kota ini menjadi wilayah Arab Saudi yang kedua setelah Kota Industri Jubail dinobatkan dalam penghargaan serupa pada September 2020.

Dilansir dari Saudi Gazette , Sabtu (3/9/2022), Kota Industri Yanbu dinobatkan sebagai Learning City di antara jaringan global kota belajar lainnya. Chief Executive Officer (CEO) Komisi Kerajaan di Yanbu (RCY) Fahad Al-Qurashi menyatakan bahwa adopsi dan penerapan konsep Learning City akan meningkatkan dan berkontribusi pada posisi Yanbu. Termasuk juga akan membantu dalam pembangunan berkelanjutan dan mencapai ekonomi, budaya dan kesejahteraan sosial.

UNESCO mendefinisikan kota belajar sebagai kota yang bertujuan untuk mendorong pendidikan yang komprehensif untuk semua orang di semua tingkatan. Juga meningkatkan keinginan mereka untuk belajar dalam keluarga dan masyarakat, serta memfasilitasi proses belajar.

Badan internasional itu mendefinisikan Learning City sebagai kota yang tertarik untuk menggunakan teknologi pendidikan modern. Termasuk juga mempromosikan kualitas dan keunggulan dalam pendidikan dan budaya belajar secara berkelanjutan.

Kota pelabuhan Yanbu adalah sebuah pusat industri yang terletak di Laut Merah, adalah salah satu kota tertua di Kerajaan Kerajaan. Distrik pertama kota ini, Al-Suwar, dibangun sekitar lima abad yang lalu pada tahun 1494. Dulu merupakan tempat pemerintahan dan menjadi pusat sejumlah kementerian dan departemen.

Ribuan umat Muslim biasa datang untuk berziarah di Makkah dan Madinah melalui pelabuhan Yanbu. Yanbu dikelilingi oleh tembok yang kuat dengan sejumlah gerbang termasuk Gerbang Besi, Gerbang Besar, Gerbang Kendaraan dan Gerbang Kecil.

Hanya sekitar 5.000 orang yang biasa tinggal di Yanbu sebelum zaman modern ketika menjadi salah satu sentra industri Arab Saudi. Tempat ini menampung lebih dari 800 istana, rumah dan masjid.

Rumah tua (istana) di Yanbu dibedakan untuk arsitektur Hejazi, dengan ukiran yang menarik dan bentuk dan struktur teknik yang cemerlang.

Original Source

Topik Menarik