Pengamat Ungkap Sosok Pesaing Berat Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Pengamat Ungkap Sosok Pesaing Berat Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Nasional | bandungraya.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 17:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin mengungkapkan, salah satu tantangan terberat Ridwan Kamil jika maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menurutnya, sosok Anies Baswedan lah yang akan menjadi pesaing berat Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

“Tantangannya itu nanti kalau Anies maju, kalau Anies maju ya berat Ridwan Kamil untuk bisa mengalahkan Anies,” ucap Ujang saat dihubungi, Kamis (18/4/2024).

Ujang menilai, akan sulit bagi Ridwan Kamil mengalahkan Anies Baswedan yang merupakan seorang mantan gubernur Jakarta periode 2017-2022. Ditambah lagi, kepopuleran Anies pun telah terbukti saat Pemilihan Presiden (Pilpres) kemarin.

“Karena Anies sang incumbent di DKI, kita tahu Capres di 2024 yang lalu juga sangat populer,” ungkapnya.

 

Menurutnya, suara Golkar pun belum menjamin bisa memenangkan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Sebab, kemenangan nantinya akan tergantung dari elektabilitas Ridwan Kamil.

“Seandainya sudah misalkan resmi dari Golkar, lalu bertarung dengan Anies dan yang lain ya tergantung elektabilitasnya,” imbuhnya.

Ujang mengatakan, yang menentukan menang atau tidak kandidat di Pilkada yaitu elektabilitas yang tinggi.

“Kalau elektabilitas tinggi ya punya potensi menang, kalau elektabilitas beliau kalah oleh Anies atau Ahmad Sahroni ya akan kalah,” tandasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh sudah mempersilakan Anies Baswedan jika ingin maju lagi di Pilkada Jakarta 2024.

 

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan, pembahasan itu telah dibahas oleh Surya Paloh dan Anies pada 18 Maret lalu. Dia menyebut, Surya Paloh menyampaikan kepada Anies bahwa politik adalah kartu yang tidak boleh mati.

"18 Maret Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu enggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju Pilkada monggo NasDem siap," kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Senin (15/4/2024).

Topik Menarik