Diikuti 6.680 Peserta, Kemenparekraf Mulai Rangkaian Fase Bootcamp AKI 2024

Diikuti 6.680 Peserta, Kemenparekraf Mulai Rangkaian Fase Bootcamp AKI 2024

Travel | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 17:49
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memulai rangkaian Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. AKI memiliki misi mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif dan memfasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif. 

Seluruh peserta Fase Bootcamp akan mendapat materi, mulai dari pengelolaan hak kekayaan intelektual, pitching dan presentasi, hingga pengelolaan keuangan. Peserta juga akan mendapatkan pembekalan produk review dan branding, marketplace dan promosi digital, design thinking dan business model, legalitas dan standarisasi usaha, serta sosialisasi e-katalog dan coaching clinic serta mentoring.

Fase Bootcamp sendiri adalah lanjutan dari Fase Pendaftaran (Februari-Maret 2024) dan Fase Kurasi dan Temu Sapa Peserta (Maret 2024). Nantinya Fase Bootcamp akan digelar selama 3 hari, di tiap 12 kota dan kabupaten, mulai dari Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke. Fase Bootcamp berlangsung pada 23 April hingga akhir Mei 2024. 

Kota Bekasi dan Serang menjadi dua kota pertama yang menggelar Fase Bootcamp AKI 2024, yang berlangsung pada 23 April hingga 25 April 2024. Dari Kota Bekasi dan Serang sama-sama ada 38 jenama atau brand yang lolos mengikuti Fase Bootcamp. Beberapa di antaranya ada Beema Honey (kuliner), Nu’kieu (kriya), Lace Dream (kriya), Tracco (aplikasi), Muslim Raya (gim), Khana Sultan (musik), dan Ngobong (film).

Para mentor yang terlibat dalam Fase Bootcamp AKI 2024 adalah para profesional dan praktisi di bidang ekonomi kreatif. Beberapa nama diantaranya seperti, Deryansha (CEO Kasisolusi), Wignyo Rahadi SE (Founder dan CEO Tenun Gaya), Fauzy Prasetya Kamal (Co-Founder Kandura Studio), Franke Soeria (Dewan Mode Muslim, Founder Benang Project).

Selanjutnya juga ada Hari Sungkari (Pakar Bidang Aplikasi dan Gim), Nilam Sari (Owner Kebab Baba Rafi), Freddy Chriswantra (Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Indusgri Indonesia), Andandika Surasetje (Direktur Kreatif Jakarta Fashion Week), Rachmant Anggara (Co Founder Qasir.id), Suci Sandi (Dosen, Peneliti, Trainer Manajemen, Pariwisata dan Hospitality) dan Iman Setiobudy (Anggota Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia).

CEO Kasisolusi Deryansha mengapresiasi Kemenparekraf yang menggelar event Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Sebab dengan begitu UMKM bisa naik kelas, bereskalasi, tumbuh dan berkembang. Dalam kesempatannya menjadi mentor, banyak membagi ilmu kepada para peserta. 

“Ilmu-ilmu marketing, branding, selling saya akan buka semua di Bootcamp, karena seperti yang diminta oleh Pak Sandiaga Uno, ekonomi kreatif ini bergerak pesat,” ujar Dery.

Setelah mengikuti Bootcamp, tahapan berikutnya bagi para peserta adalah mengikuti pameran yang akan berlangsung di masing-masing Kota dan kabupaten di bulan Mei-Agustus 2024. 

Tahun ini, sebanyak 6.680 ribu pendaftar yang sudah masuk di Fase Pendaftaran untuk tujuh Subsektor, yakni Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film. Dan hanya 410 Jenama yang lolos tahapan Kurasi yang akan ikut Fase Bootcamp. Kemudian, ditutup tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada September 2024.

Topik Menarik