5 Tips Mengenal Uang Palsu saat Menukar untuk THR Lebaran

5 Tips Mengenal Uang Palsu saat Menukar untuk THR Lebaran

Travel | inews | Senin, 8 April 2024 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - Tunjangan Hari Raya (THR) identik dengan Lebaran. Biasanya, tradisi ini diberikan menjelang Hari Raya Idul Fitri kepada sanak keluarga terdekat.

Momentum ini membuat masyarakat berbondong-bondong menukarkan uang mereka agar bisa diberikan di hari Lebaran. Namun, tak menutup kemungkinan maraknya oknum tak bertanggung jawab malah memberikan uang palsu. Hal ini patut dikenali dan diwaspadai.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengenali uang palsu saat Lebaran. Bagaimana tips? Berikut ulasannya dirangkum melalui Natco Credit Union, Senin (8/4/2024).

1. Rasakan Kertasnya

Cara pertama adalah merasakan kertas uang tersebut. Mata uang asli biasanya dicetak di atas kertas khusus yang memiliki tekstur dan nuansa berbeda. Seharusnya terasa agak kasar saat disentuh, tidak halus atau mengkilap seperti kertas printer biasa.

2. Periksa Watermark

Memastikan watermark juga penting untuk mendeteksi uang palsu. Pegang uang kertas menghadap lampu untuk melihat apakah ada watermark atau penanda khusus. Watermark adalah gambar atau pola samar yang terlihat saat Anda mendekatkan uang kertas ke cahaya. Watermark harus sesuai dengan potret pada uang kertas.

3. Cari Benang Pengaman

Sebagian besar uang kertas asli memiliki benang pengaman tipis yang terpasang secara vertikal pada uang kertas. Pegang uang itu menghadap cahaya, dan Anda akan melihat benang dengan teks atau denominasi berulang di atasnya.

4. Rasakan Cetakan Timbul

Pada sebagian besar uang kertas modern, ada cetakan yang timbul di beberapa tulisan ataupun angka pada kertas. Pastikan Anda merasakan cetakan timbul pada uang Lebaran untuk memastikan keaslian dari uang tersebut.

5. Bandingkan dengan Uang Kertas Asli

Satu lagi adalah membandingkan dengan uang kertas asli. Jika mencurigai, bandingkan dengan uang kertas asli yang Anda miliki dengan pecahan dan seri yang sama. Carilah perbedaan dalam desain, ukuran, dan fitur keamanan.

Topik Menarik