5 Menu Takjil untuk Dibagikan di Masjid, Ada Kurma hingga Es Buah

5 Menu Takjil untuk Dibagikan di Masjid, Ada Kurma hingga Es Buah

Travel | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 15:55
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak menu takjil untuk dibagikan di masjid yang sederhana tapi memiliki rasa lezat. Ya, di bulan Ramadhan, menjadi momen bagi banyak orang untuk melakukan sedekah.

Adapun salah satu sedekah yang bisa dilakukan adalah membagi-bagi takjil untuk buka puasa bagi jemaah di masjid. Sebab, memberikan takjil merupakan salah satu cara paling mudah dan terjangkau untuk mendapatkan pahala di bulan suci.

Meskipun hanya dengan memberikan secangkir air putih dan juga sepotong kue atau satu buah kurma sudah menjadi ladang pahala bagi yang memberikan. Perlu diketahui, takjil merupakan istilah umum untuk kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, biasanya berupa makanan manis seperti kolak pisang, sup buah, es campur, dan lain sebagainya.

Kali ini, jika berminat untuk membagikan takjil ke masjid, Anda bisa memilih berbagai makanan dan minuman ringan untuk diberikan. Berikut ulasan beberapa takjil yang bisa dibagikan kepada jemaah di masjid.

Menu Takjil untuk Dibagikan di Masjid

1. Kurma

Kurma menjadi takjil utama yang harus disediakan. Kurma merupakan buah kering yang kaya akan gula alami, serat, dan nutrisi. Biasanya disajikan sebagai takjil karena memberikan energi cepat dan memberikan rasa manis alami.

2. Kolak

Selain kurma ada kolak yang populer saat buka puasa. Kolak adalah hidangan manis yang terbuat dari campuran buah-buahan seperti pisang, ubi, atau biji salak yang direbus dalam santan, gula, dan rempah-rempah seperti daun pandan dan kayu manis. Kolak memberikan rasa manis dan kaya akan nutrisi dari buah-buahan dan santan.

3. Es Buah

Anda juga bisa menyiapkan minuman segar es buah. Es buah merupakan minuman segar yang terdiri atas campuran buah-buahan segar seperti semangka, melon, nanas, dan jeruk, disajikan dengan sirup atau susu kental manis serta es serut. Es buah menyegarkan dan memberikan hidrasi setelah berpuasa.

4. Agar-Agar

Takjil lainnya adalah agar-agar. Hidangan penutup yang terbuat dari bahan agar-agar yang dicampur dengan santan, gula, dan buah-buahan seperti nangka atau kelapa muda. Agar-agar memberikan rasa segar dan menyehatkan.

5. Tahu Sumedang

Terakhir ada tahu Sumedang. Camilan gurih ini terkenal karena tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih. Untuk membuat takjil dengan tahu Sumedang, Anda dapat memilih antara beberapa variasi, seperti tahu isi atau tahu goreng. Tahu isi dibuat dengan mengisi tahu Sumedang dengan campuran sayuran dan bumbu, kemudian digoreng hingga matang. Sementara itu, tahu goreng cukup dipotong-potong dan digoreng hingga kecokelatan. Takjil ini dapat disajikan dengan saus kecap atau saus sambal untuk menambah cita rasa yang lezat.

Itulah menu takjil untuk dibagikan di masjid yang rasanya gurih dan lezat. Anda bisa memilih sesuai budget yang dimiliki. Selamat mencoba.

Topik Menarik