Jakarta Akan Diperluas Jadi Jabodetabekjur, Sandiaga Uno: Pergerakan Wisnus Bisa Naik!

Jakarta Akan Diperluas Jadi Jabodetabekjur, Sandiaga Uno: Pergerakan Wisnus Bisa Naik!

Travel | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 15:22
share

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pembahasan RUU Daerah Keistimewaan Jakarta (DKJ) di Badan Legislasi DPR beberapa waktu lalu, muncul rencana pembentukan Kota Aglomerasi Jabodetabekjur. Hal ini pun didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Perlu diketahui, Kota Aglomerasi adalah kota yang pembangunannya akan diikuti dengan kota-kota satelitnya. Sementara itu, Jabodetabekjur adalah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur atau Jabodetabekjur. Nantinya Kota Jakarta akan diperluas jadi kota aglomerasi.

Sandiaga Uno menyambut baik rencana pembangunan kota aglomerasi Jabodetabekjur. "Warga Cianjur udah siap gabung jadi warga Jabodetabekjur?," tulis Sandiaga dalam cuitannya di X.

Sandiaga mengatakan lewat pembentukan kawasan aglomerasi Jabodetabekjur mampu mendorong pergerakan wisatawan nusantara. "Dengan transportasi, penataan ruang, infrastruktur, dan pengelolaan lingkungan yang disinkronkan para wisatawan jadi lebih mudah berkunjung ke kota satelit lainnya," kata Sandiaga Uno.

Dengan adanya pembangunan kota aglomerasi Jabodetabekjur ini, Sandiaga yakin bisa mencapai target 4,4 juta lapangan kerja dan peningkatan ekonomi di Indonesia.

"Kita GASPOL ciptakan 4,4 juta lapangan kerja dan dorong kebangkitan ekonomi Indonesia," tuturnya.

Topik Menarik