Desa di Banyuwangi Punya Pemandangan Cantik Pantai dengan Air Kehijauan dan Pasir Putih 

Desa di Banyuwangi Punya Pemandangan Cantik Pantai dengan Air Kehijauan dan Pasir Putih 

Travel | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 10:52
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Banyuwangi sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa yang ada di Kecamatan Pesanggaran dijamin akan membuat siapa saja betah.

Ya, desa tersebut adalah Sarongan, di Kecamatan Pesanggaran. Di desa ini terdapat pantai cantik yang wajib dikunjungi sekali dalam seumur hidup. Pantai tersebut bernama Teluk Hijau.

Pariwisata yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur, belakangan ini mengalami perkembangan. Ada banyak objek wisata di Banyuwangi yang bisa dieksplor. Salah satunya Pantai Teluk Hijau atau ijo.

Pantai Teluk Hijau kerap disebut Green Bay. Masyarakat Banyuwangi menyebutnya Pantai Teluk Ijo. Pantai ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Daya tarik utamanya memiliki suasana yang masih alami. Dikelilingi hijaunya hutan, dengan pasir putih dan air laut berwarna kehijauan.

Warna air laut yang berwarna hijau disebabkan alga yang tumbuh di dasarnya. Ditambah pepohonan dan gunung-gunung di sekeliling Pantai Teluk Hijau yang memperkuat karakter hijau dari pantai ini. Dulu, pantai ini hanya bisa dinikmati dari jauh oleh wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri menuju Pantai Sukamade.

Berada di pantai ini, Anda bisa berenang dan snorkeling. Panorama sekitar pantai masih terlihat sepi dengan dikelilingi rimbun hutan. Teluk Hijau atau kerap dikenal Green Bay ini dulunya hanya bisa dinikmati dari jauh oleh wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri menuju Pantai Sukamade.

Kini, Anda bisa langsung ke sini. Namun harus menempuh perjalanan yang cukup memakan tenaga. Kalau Anda suka berpetualang, bisa coba untuk trekking menuju Teluk Hijau.

Air laut di bibir pantai dominan berwarna hijau bening dengan gradasi warna dari hijau, biru kehijauan, sampai biru gelap. Saat menjejakkan kaki di area pantai, Anda akan merasakan pasir putih yang begitu lembut. Di pantai ini, Anda bisa berenang, bermain air, dan berswafoto.

Meskipun terletak di pesisir selatan yang terkenal dengan keganasan ombaknya, ombak di Teluk Hijau tak terlalu besar. Mungkin karena letaknya yang agak menjorok ke dalam. Anda masih bisa berenang bahkan snorkeling di sini.

Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Sekitar 90 km dari pusat Kota Banyuwangi, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Perjalanan menuju ke sini memang butuh perjuangan. Anda harus berjalan sekitar satu kilometer dengan medan yang curam dan penuh bebatuan.

Ada dua alternatif untuk sampai ke Teluk Hijau, yaitu dengan perahu nelayan dan trekking. Jika menumpang perahu, Teluk Hijau bisa ditempuh sekitar 15 menit. Namun, Anda harus berhadapan dengan ombak pantai selatan. Pilihan kedua dengan berjalan kaki, jaraknya sekitar 2 km. Trekking dimulai dari parkiran yang berjarak 1,3 km dari Pantai Rajegwesi. 

Topik Menarik