Pantai Cantik Tersembunyi di Ternate, Airnya Jernih Bisa Lihat Penyu Berenang 

Pantai Cantik Tersembunyi di Ternate, Airnya Jernih Bisa Lihat Penyu Berenang 

Travel | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 10:21
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Ternate sangat menarik untuk dijelajahi. Ternate punya pemandangan pantai yang akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama. 

Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lain. Jika pantai-pantai yang ada di Indonesia memiliki pasir pantai putih dan halus. Berbeda dengan pantai ini. Hitam pekat, namun eksotis.

Pantai tersebut bernama Sulamadaha. Berada di Ternate Maluku Utara. Pantai ini memiliki pemandangan indah dan eksotis. Dikelilingi pegunungan dan pulau-pulau.

Tebing tinggi dan pepohonan rindang yang mengelilingi pantai memberi kesan private. Airnya sebening kaca. Anda akan merasakan kedamaian saat berada di sini. Pantai ini memberikan ketenangan bak di hutan belantara. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama.

"Sulamadaha adalah pantai yang paling terkenal di Ternate. Sekarang Pantai ini tidak hanya terkenal di Indonesia namun sudah mendunia karena keindahannya. Banyak turis asing yang mengunjungi Sulamadaha, bahkan mereka sulit untuk melupakan pesona pesisir cantik ini. Pantai Sulamadaha merupakan satu aset wisata penting yang dimiliki oleh Ternate, Maluku Utara," tulis Instagram @piknikdong.

Pantai Sulamadaha memang jauh dari keramaian. Meskipun mudah dijangkau dari Kota Ternate, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit untuk mencapai pantai. Hamparan pasir dan beningnya air laut bergradasi hijau kebiruan, siap menyambut Anda di Pantai Sulamadaha.

Tak jauh dari Pantai Sulamadaha, terdapat Teluk Saomadaha. Teluk ini bentuk seperti huruf U. Ukurannya yang tak terlalu luas justru memberi kesan private. Di sekelilingnya terdapat tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan rindang. Karena airnya sangat bening, Anda tidak perlu berenang atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut. Batuan coral beserta biota laut yang hidup di dalamnya terlihat jelas dari permukaan.

Meski bisa lihat pemandangan dasar laut dari atas. Memang sayang jika tidak berenang di teluk ini. Cobalah menggapai hingga 20 meter ke tengah laut, di sana terdapat gugusan terumbu karang yang luas.

Bagi yang hobi menyelam, biaya sewa alat snorkeling di sini tak begitu mahal, tidak sampai Rp50.000 Anda bisa melihat beragam jenis ikan yang hidup di terumbu karang. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat penyu berenang bebas di lautan.

Namun, bagi yang tidak suka berenang, bersantai dan menikmati keindahannya juga tak kalah mengasyikkan. Hembusan angin dan sejuknya suasana pepohonan hijau menambah kedamaian saat berada pantai ini. Jika ingin merasakan segarnya air di sini, Anda bisa menyewa pelampung.

Pantai Sulamadaha juga berhadapan dengan Pulau Hiri. Pada zaman dulu, pulau ini menjadi tempat pengasingan Sultan Muhamad Djabir. Pulau Hiri merupakan bukit yang ditumbuhi pohonan hijau. Kehadiran pulau ini menjadikan Pantai Sulamadaha semakin sejuk.

Terletak di Desa Sulamadaha, pantai ini berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Ternate. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. 

Topik Menarik