Sandiaga Uno Dukung Para Disabilitas Manfaatkan Peluang di Sektor UMKM

Sandiaga Uno Dukung Para Disabilitas Manfaatkan Peluang di Sektor UMKM

Travel | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 11:29
share

JAMBI, iNews.id - Sektor ekonomi kreatif di Tanah Air memiliki potensi besar dalam perekonomian. Salah satu produk ekonomi kreatif di Indonesia yang punya potensi untuk berkembang adalah UMKM.

Tidak hanya pelaku usaha biasa, para disabilitas juga dapat mengembangkan UMKM Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen merangkul disabilitas dalam mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Jambi.

"Agar disabilitas itu bisa bekerja jangan sampai ada yang tertinggal terutama kaum disabilitas," ujar Sandiaga Uno saat mengunjungi kawasan Jelutung, Kota Jambi, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, ekonomi kreatif ini adalah ekonomi yang inklusif karena sifatnya inklusif maka terbuka untuk teman-teman disabilitas. "Karena itu, kami mendorong banyak sekali kegiatan yang membuka ruang dan peluang agar teman-teman disabilitas bisa jadi pemenang di UMKM," tuturnya.

Sandiaga Uno menambahkan, nantinya mereka bisa subsektor dari kuliner, pemasaran dan pemodalan. "Kita berharap teman disabilitas ini bisa menunjukkan kelebihan yang dimiliki. Dan ternyata mereka mampu jika diberi peluang dan kesempatan," kata Sandiaga.

Karena itu, Sandiaga sangat berkomitmen dengan kaum disabilitas. "Selain itu di Jambi sudah ada Perdanya. Ini bagian dari kita merangkul semangat mereka," katanya.

Gubernur Jambi Al Haris mengaku, saat ini sedang giat-giatnya mengangkat UMKM termasuk kaum disabilitas.

"Karena di dalamnya ada anak muda mempunyai kemampuan. Kita juga mendorong rakyat Jambi bisa sejahtera dan bisa menambah kemampuan daerah," ujarnya.

Sedangkan Pj Walikota Jambi berharap perekonomian di Kota Jambi terlebih pelaku UMKM kreatif ke depannya semakin maju.

Selanjutnya, Sandiaga Uno akan menghadiri festival arakan sahur di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi.