Mengenal Jenis-Jenis Kurma untuk Persiapan Buka Puasa, Mana Paling Enak? 

Mengenal Jenis-Jenis Kurma untuk Persiapan Buka Puasa, Mana Paling Enak? 

Travel | inews | Jum'at, 1 Maret 2024 - 16:35
share

JAKARTA, iNews.id - Ramadan merupakan bulan paling ditunggu umat Islam. Ketika Ramadan tiba, umat muslim akan segera berburu kurma untuk berbuka puasa. 

Sebagaimana diketahui, para ulama menyarankan berbuka puasa diawali dengan kurma seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Abu Dawud. 

"Nabi shollallahu 'alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air," HR Abu Dawud 2356.

Buah kurma tidak hanya lezat karena rasanya yang manis, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengutip dari Tasting Table, buah kurma kaya akan potasium, magnesium, tembaga, mangan, dan zat besi. Karena rasa manis alaminya, kurma digunakan dalam berbagai resep. 

Namun, ada banyak sekali jenis kurma yang ada di dunia. Kira-kira kurma jenis apa yang paling baik? Mengutip dari Tasting Table, berikut ini ada 5 jenis kurma beserta penjelasannya. 

1. Kurma Ajwa 

Kurma ajwa merupakan salah satu varietas buah kurma yang sangat populer di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Kurma ajwa berasal dari Madinah di Arab Saudi. Kurma ajwa memiliki warna yang lebih gelap, tepatnya warnanya kehitaman dan bulat. Selain itu, kurma Ajwa memiliki tekstur padat. Ketika digigit, kurma ini memiliki rasa manis sayang bisa memanjakan lidah kala berbuka puasa.

Di samping cita rasanya yang lezat,  kurma ajwa kaya akan potasium dan serat. Kurma ini juga mengandung folat dan riboflavin dan dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes.

2. Kurma Mazafati

Mazafati merupakan kurma yang berasal dari Iran. Kurma ini termasuk dalam kategori kurma basah karena memiliki kadar air yang tinggi yang merupakan salah satu indikator kualitas kurma Mazafati. Kurma Mazafati biasanya berwarna hitam dan memiliki kulit tipis sehingga mudah dihilangkan. Rasanya sangat manis membuat kurma ini dapat digunakan sebagai pengganti gula. Keunggulan kurma mazafati dibandingkan dengan kurma jenis lainnya yakni mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan jenis kurma lainnya. Dengan demikian kurma ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain zat besi, kurma Mazafati mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium serta bermanfaat untuk mengembangkan sistem saraf dan menurunkan kolesterol. Adapun kandungan kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin, seperti A, B kompleks, dan C.

3.  Kurma Piarom

Kurma piarom berasal dari Iran, tepatnya berasal dari daerah pegunungan di selatan negara itu. Kurma piarom memiliki ciri khas berwarna cokelat tua, dengan kulit tipis dan rasa cokelat. Kurma Piarom memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan varietas kurma lainnya, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

4. Kurma Dayri 

Kurma dayri berasal dari wilayah Basra, Irak. Kurma Dayri berbentuk lonjong, terdiri atas satu biji dan berdaging lembut. Warnanya cokelat tua atau hitam dan tidak memiliki tekstur berserat seperti beberapa varietas kurma lainnya. Kurma dayri memiliki rasa yang kurang manis dibanding dengan kurma lainnya.

5. Kurma Rabbi 

Kurma Rabbi berasal dari Iran dan merupakan salah satu produk pertanian terpenting di negara tersebut. Bentuknya panjang, lonjong, dan warna utamanya kemerahan, ciri yang membedakannya dari varietas kurma lain. Selain itu, kurma Rabii merupakan kurma semi kering sehingga memiliki kadar air yang rendah sehingga juga memiliki umur simpan yang lebih lama.

Topik Menarik