Selain Indah, Bunga Matahari hingga Daisy Ternyata Punya Khasiat sebagai Herbal 

Selain Indah, Bunga Matahari hingga Daisy Ternyata Punya Khasiat sebagai Herbal 

Travel | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 17:51
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tanaman di berbagai daerah yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Jika biasanya yang kerap dipakai sebagai herbal adalah bagian daun, ternyata ada juga tanaman herbal yang dimanfaatkan di bagian bunganya.

Ya, bunga memiliki keindahan yang mampu memanjakan mata. Selain itu, keharumannya juga bisa meningkatkan mood jadi bahagia. Namun, tidak hanya itu saja lho. Ternyata, bunga juga bisa dijadikan obat untuk menyehatkan tubuh.

Di dalam kelopak beberapa bunga yang indah ternyata tersimpan khasiat yang sangat luar biasa. Kelopak bunga ini dapat diolah menjadi campuran teh yang dapat dikonsumsi untuk tubuh. Namun, kelopak bunga juga bisa diolah menjadi minyak untuk dioleskan ke badan.

Lalu, bunga apa saja yang bisa dijadikan obat? Mengutip dari All That Grows, berikut ini lima bunga yang bisa jadi obat.

1. Daisy

Daisy memiliki efek stimulasi pada pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Daisy telah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti gastritis, diare dan sembelit. Selain itu, bunga daisy juga memiliki khasiat penyembuhan untuk luka kecil, luka, bisul, goresan, dermatitis, ruam dan eksim, serta jerawat.

2. California Poppy

California poppy efektif untuk menginduksi masalah tidur jika mengalami insomnia, agitasi saraf dan penyakit yang berhubungan dengan kandung kemih dan hati. Dalam kombinasi dengan herbal lain, California poppy digunakan untuk meredakan depresi, kelelahan mental dan fisik jangka panjang, serta nyeri saraf dan masalah pembuluh darah. Sebab bunga ini memiliki sifat sedatif yang dapat meningkatkan relaksasi. Selain itu, sifat yang menenangkan tersebut juga dipercaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif, kesehatan mental, dan kekuatan belajar. Untuk mendapatkan segala khasiat tersebut, biasanya tanaman Poppy California digunakan untuk membuat teh untuk relaksasi. Anda dapat menggunakan bunga, daun, dan batang ke dalam campuran teh.

3. Cornflower

Cornflower adalah bunga anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu menenangkan sakit maag. Teh Cornflower dapat meningkatkan pencernaan, menangkal infeksi seperti dingin dan mendetoksifikasi hati. Karena kualitas antibiotik dan antiseptiknya, infus kuat kuncup bunga jagung telah digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Anda bisa menggunakan teh untuk berkumur untuk menyembuhkan gusi yang sakit atau berdarah.

4. Bunga matahari

Bunga matahari yang cerah dan dicampur dengan seduhan teh yang sempurna membantu menenangkan sakit tenggorokan dan kram menstruasi. Sementara, biji bunga matahari yang kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalium, seng, dan zat besi mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, pencernaan, dan fungsi otak. Sedangkan minyak bunga matahari memiliki kadar lemak jenuh yang rendah dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung, obesitas, dan gangguan pencernaan. Ini juga merupakan penahan kelembaban kulit yang baik dan dapat digunakan untuk pijatan yang menenangkan.

5. Calendula

Kelopak bunga calendula telah digunakan secara historis untuk menyembuhkan luka, luka bakar, dan luka. Karena bunga ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, biasanya digunakan untuk menyembuhkan kondisi kulit seperti ruam, jerawat, dan kaki atlet. Mereka membantu dengan kejang otot dan meringankan hari-hari menstruasi yang menyakitkan. Calendula juga mendorong kesehatan mulut yang sehat karena sifat astringent yang melawan bakteri mulut.

Topik Menarik