Kulit Bersih dan Sehat, Ini 5 Bahan Pembuat Sabun Mandi Paling Populer

Kulit Bersih dan Sehat, Ini 5 Bahan Pembuat Sabun Mandi Paling Populer

Travel | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 15:52
share

JAKARTA, iNews.id - Netizen banyak yang penasaran, apa saja bahan pembuat sabun mandi yang setiap hari dipakai? Umumnya, bahan utama pembuatan sabun mandi antara lain minyak, alkali dan air.

Ada berbagai macam minyak yang tersedia untuk pembuatan sabun . Masing-masing minyak memiliki karakteristik tersendiri.

Berikut jenis-jenis minyak yang dijadikan sebagai bahan pembuat sabun mandi, baik padat maupun cair.

1. Minyak Kelapa

Merupakan minyak yang sangat penting sebagai bahan pembuat sabun. Minyak kelapa berfungsi sebagai penghasil busa dalam sabun dan menghasilkan sabun yang keras. Juga merupakan agen pembersih pada sabun. Karena bersifat membersihkan kadang memberikan rasa yang kering di kulit.

2. Minyak Sawit

Selain minyak kelapa, minyak sawit merupakan bahan yang sangat umum digunakan sebagai bahan pembuat sabun batang. Hampir semua sabun batang yang ada di pasaran menggunakan minyak kelapa sawit.

Minyak kelapa sawit berfungsi untuk menghasilkan sabun yang keras dan dapat bertahan lama saat digunakan. Minyak kelapa sawit dapat menghambat busa yang dihasilkan oleh sabun jika digunakan terlalu banyak.

3. Cocoa Butter

Minyak cocoa butter dihasilkan dari biji buah coklat yang memiliki aroma khas. Berfungsi sebagai emollient dan melembutkan kulit serta menghasilkan sabun yang keras. Namun, sabun yang terbuat dari cocoa butter memiliki harga yang cukup mahal dibanding minyak yang lainnya.

4. Beeswax

Beeswax merupakan hasil lain dari lebah selain madu, banyak digunakan untuk membuat pomade. Beeswax menghasilkan sabun mandi yang keras. Jangan menggunakan beeswax terlalu banyak karena akan membuat sabun menjadi seperti karet dan lengket, 5 dari total minyak sudah cukup.

5. Minyak Zaitun

Bila empat bahan di atas digunakan untuk membuat sabun batang, minyak zaitun digunakan untuk membuat sabun cair. Minyak zaitun merupakan minyak yang sangat terkenal untuk perawatan kulit. Minyak zaitun memiliki beberapa jenis seperti: extra virgin, pomace, pure dan extra light.

Minyak zaitun mempenetrasi kulit secara lebih baik dari minyak cair lainnya. Tidak membuat pori-pori tersumbat dan membuat kulit lebih kencang. Sebagai bahan pembuat sabun yang umum digunakan adalah dari jenis pomace, karena harganya tidak begitu mahal.

6. Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil merupakan minyak yang berfungsi untuk menghasilkan busa yang melimpah. Castor oil juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Tapi ingat, jangan menggunakan terlalu banyak minyak jarak karena akan menghasilkan sabun yang lembek. Jika digunakan lebih dari 15 maka akan menghasilkan aroma minyak jarak yang dominan. Gunakan 5 10 dari total minyak.

7. Minyak Canola

Minyak ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan minyak zaitun. Bermanfaat untuk menjaga kulit dan melembapkannya. Merupakan substitusi ekonomis dari minyak zaitun. Harus dicampur dengan minyak padat lainnya untuk menghasilkan formula sabun yang baik.

8. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Bisa digunakan untuk menggantikan minyak zaitun, jika memilih untuk lebih ekonomis.

Itulah bahan pembuat sabun mandi yang kita gunakan setiap hari. Dapatkan sabun dan produk keperluan rumah lainnya di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMalluntuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Petang ini ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!

Topik Menarik