Jelajah Wisata Alam di Kaki Gunung Merbabu dengan Fun Jeep Touring

Jelajah Wisata Alam di Kaki Gunung Merbabu dengan Fun Jeep Touring

Travel | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 17:20
share

SELAIN Candi Borobudur, Magelang di Jawa Tengah memiliki banyak hidden gem untuk healing maupun bertualang. Beberapa operator wisata menawarkan paket rangkaian perjalanan ke sejumlah destinasi antara lain menggunakan jip diesel terbuka aneka jenis. Cocok bagi keluarga, pasangan maupun rombongan.

Fun jeep touring antara lain bisa dimulai dari Ketep Pass yang terletak di dataran tinggi Kabupaten Magelang, sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ketep Pass berjarak sekitar 24 km dari pusat Kota Magelang dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan mobil. Jip-jip wisata bisa dipesan secara online maupun melalui hotel tempat kita menginap. Salah satunya di Hotel Atria Magelang.

Setelah puas memandangi panorama asri lima gunung dari Menara Langit di Ketep Pass, kita dapat menaiki jip dan memulai petualangan seru ke beberapa spot menarik di kaki Gunung Merbabu. Waktu paling tepat untuk memulai perjalanan adalah siang hari.

Ilustrasi

Fun Jeep Touring di kaki Merbabu (MPI/Armydian Kurniawan)

Spot pertama, misalnya, adalah Tol Kahyangan di lereng Merbabu. Ini sebenarnya merupakan jalan kecil penghubung dua desa di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, dan berfungsi sebagai jalur evakuasi saat terjadi bencana alam.

Intip Potret Wendy Walters Naik Gunung Merbabu, Kece Abis!

Yang membuat jalan ini populer adalah bentang alam permadani hijau nan asri di kiri dan kanannya. Meski jalan kecil, sepanjang jalur Tol Kahyangan sudah dicor dan mulus. Jip kita tidak banyak kesulitan untuk melaluinya.

Ilustrasi

Fun Jeep Touring di kaki Merbabu (MPI/Armydian Kurniawan)

Jalan ini biasanya selalu berselimut kabut tebal sehingga seolah menembus awan menuju Kahyangan. Namun di saat cuaca cerah, dari jalan ini kita bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Gunung Andong dan Bukit Menoreh dengan jelas.

Luar biasa indah pemandangannya. Banyak spot cantik yang instagramable untuk foto-foto. Udaranya dingin dan sejuk sungguh menenangkan, tutur Sari Widiati, salah satu peserta media fam trip yang digelar Parador Hotels & Resorts, beberapa waktu lalu.

Di tengah perjalanan, kita wajib mampir di Negeri Kahyangan. Ini adalah semacam rest area dengan deretan resto dan kafe di atas lembah. Para wisatawan bisa beristirahat, makan, sekadar ngopi atau menikmati wedang sambil memandangi keindahan alam perkebunan rakyat dengan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di kejauhan.

Di lahan seluas sekitar 1,5 hektare ini terdapat banyak spot foto terutama kompleks bangunan kastil Eropa abad pertengahan. Wisatawan bebas menjelajahi berbagai sudut kastil dan gerbang kuno ini.

Ilustrasi

Dari Negeri Kahyangan, jip bergerak menuju Grojogan Kapuhan, sebuah bendungan Sungai Pabelan yang lokasinya masih di Kecamatan Sawangan. Debit air sungai selalu deras mirip air terjun. Dari jalan pedesaan yang mulus, jip harus menaklukkan medan berpasir dan bebatuan untuk mencapai lokasi.

Bentuk dam yang unik dengan aliran air yang deras dan bebatuan besar di sungainya cocok menjadi spot foto yang menarik. Petualangan wisata setengah hari dengan jip berakhir kembali di Ketep Pass menjelang senja.

Topik Menarik