Lezatnya Kuliner Gado-gado Dipadu Oncom Goreng Kriuk di Banjarnegara

Lezatnya Kuliner Gado-gado Dipadu Oncom Goreng Kriuk di Banjarnegara

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 09:57
share

BANJARNEGARA, iNews.id Seorang pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Banjarnegara menjual kuliner gado-gado dengan bahan sayuran, oncom goreng kriuk dan bumbu kacang. Kuliner PKL legendaris ini membuat lidah pelanggan ketagihan.

Meskipun beragam kuliner banyak dijumpai, namun makanan gado-gado tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Salah satunya gado-gado kaki lima di Banjarnegara yang berbeda dengan gado-gado pada umumnya.

Selain memggunakan sayuran, gado-gado dipadu dengan oncom goreng kriuk bumbu kacang dan terasi. Penjual gado-gado, Mak Sani (68) warga Banjarnegara sudah 20 tahun menjual gado-gado kaki lima.

Karena memiliki rasa yang khas, gado-gado jualannya selalu ramai pelanggan. Bahan dasar gado-gado Mak Sani menggunakan bumbu kacang, terasi dan air asam Jawa.

Setelah diuleg dalam cobek, aneka sayuran dan telur dimasukkan, kata penjual gado-gado, Mak Sani, Selasa (6/12/2022).

Yang unik adalah tambahan oncom goreng dan dages untuk bisa dinikmati bersama gado-gado.

Rasa khas kriuk oncom dan gurih legitnya bumbu kacang kental tanpa santan, membuat ketagihan. Gado-gado lezat dinikmati dengan ketupat dan kerupuk, kata penikmat gado-gado, Puji Hartono.

Satu porsi gado-gado dijual Rp13.000. Kedai Mak Sani yang ada di trotoar Jalan Panjaitan Banjarnegara buka mulai jam 07.00-16.00 WIB. Setiap hari, puluhan porsi gado-gado ludes terjual.

Topik Menarik