Liburan Akhir Pekan, Yuk Bikin Dessert Khas Italia Tiramisu

Liburan Akhir Pekan, Yuk Bikin Dessert Khas Italia Tiramisu

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 20:27
share

JAKARTA, iNews.id - Dessert atau hidangan penutup identik dengan rasanya yang manis dan segar. Ada banyak dessert yang bisa dicoba, seperti buah, puding, hingga tiramisu.

Hidangan penutup dengan cita rasa manis, sudah pasti selalu mendapatkan tempat meskipun perut sudah kenyang. Salah satunya adalah tiramisu. Hidangan penutup atau dessert khas Italia ini sebenarnya memiki arti pick me up yang berasal dari dialek Trevisio tireme su yang kemudian dimodifikasi menjadi tiramisu pada abad ke-20.

Dessert satu ini berasal dari Trevisio, Italia pada tahun 1800. Tiramisu terbuat dari tumpukan berbagai bahan seperti ladyfingers (savoiardi) yang dicelupkan ke dalam kopi, lalu dilapisi dengan campuran telur yang telah dikocok, gula, dan keju mascarpone, serta ditaburi dengan bubuk kakao.

Di Italia, tiramisu disajikan atau dihidangkan untuk acara-acara tertentu atau khusus saja. Lalu, seperti apa resep membuat tiramisu? Berikut adalah resepnya, dirangkum melalui Instagram @ iicjakarta , Sabtu (3/12/2022).

Bahan yang dibutuhkan:

Biskuit Savoiardi (300 g)
Gula 1/2 cangkir (100 g)
Telur 220g (ukuran sedang)
Kopi 1 1/3 cangkir (300 g)
Keiu Mascarpone 1/4 cangkir (500 g)
Bubuk kakao tanpa pemanis secukupnva

Cara membuat tiramisu:

1. Pisahkan putih telur dari bagian kuning dengan hati-hati. Kocok lepas kuning telur dengan mixer tangan, tuangkan gula hanya setengahnya.
2. Mixer hingga adonan menjadi bening dan berbusa. Tambahkan keju Mascarpone sedikit demi sedikit. Saat semua keju sudah tercampur, krim akan mengental dan padat, lalu sisihkan. Bersihkan alat mixer dan kocok putih telur, tuangkan sisa gula sedikit demi sedikit.
3. Ambil satu sendok makan putih telur dan tuangkan ke dalam mangkuk dengan kuning telur dan gula pasir. Aduk kuat-kuat dengan spatula, untuk mengencerkan adonan. Tambahkan sisa putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dari bawah ke atas.
4. Setelah siap, letakkan sesendok penuh krim di bagian bawah loyang berukuran 12x8 inci dan sebarkan secara merata.
5. Rendam biskuit Savoiardi selama beberapa saat dalam kopi dingin, beri pemanis sesuai keinginan.
6. Atur biskuit Savoiardi yang sudah direndam di atas krim lalu sebarkan sebagian krim keju Mascarpone.
7. Pastikan meratakannya dengan hati-hati untuk mendapatkan permukaan yang halus.
8. Susun kembali biskuit Savoiardi yang direndam kopi lalu tambahkan lapisan krim lagi.
9. Ratakan permukaannya lalu taburi dengan bubuk kakao tanpa pemanis, dan diamkan di lemari es selama beberapa jam.

Tiramisu siap dinikmati.

Bagaimana? Cukup mudah bukan! Anda bisa mencoba membuat tiramisu enak di rumah dan bisa membagikannya kepada keluarga, sahabat, atau orang-orang sekitar. Selain itu juga bisa jadi salah satu resep atau ide untuk dijual yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Topik Menarik