Bandara Arung Palakka Beroperasi, Bone-Makassar Hanya 38 Menit

Bandara Arung Palakka Beroperasi, Bone-Makassar Hanya 38 Menit

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Desember 2022 - 10:19
share

BONE, PEDOMAN.MEDIA- Bandara Arung Palakka, Kabupaten Bone resmi beroperasi perdana, Kamis hari ini (1/12/2022). Waktu tempuh rute Makassar-Bone hanya sekitar 38 menit.

"Alhamdulillah melepas perdana penerbangan pesawat Susi Air L410 Rute Makassar Bone pagi ini dari Bandara Sultan Hasanuddin," ungkap akun Andi Sudirman Sulaiman.

"Dan sekitar kurang lebih 38 menit telah tiba di Bandara Arung Palakka Bone sesuai rencana," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, penerbangan ini adalah program subsidi melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel kepada Pemkab Bone TA 2022. Ia menyebutkan, Bandara Bone melayani rute penerbangan, Makasaar-Bone, Bone-Balikpapan dan Bone-Kendari.

Maskapai Susi Air sudah menyiapkan pesawat LET L 410 EVP-E20. Direktur Susi Air, Zulkarnain Adinegara mengatakan, Susi Air akan memakai pesawat LET L 410 UVP-E20. Pesawat LET L-410 adalah pesawat bermesin ganda yang serbaguna, yang kerap digunakan untuk jarak pendek.

"L-410 dioperasikan oleh dua pilot, dan mempunyai daya tampung mulai 15 hingga 18 penumpang," ujar Zulkarnain, Rabu (1/12/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, Bandara Bone telah siap secara infrastruktur. Pihak maskapai Susi Air juga telah menyiapkan pesawat dengan kenyamanan standar.

Diketahui, sejak 2017 lalu penerbangan umum berhenti di Bandara Bone. Karena bandara ini tidak lagi masuk dalam kategori pelayanan penerbangan perintis yang disubsidi oleh Kemenhub yaitu khusus untuk daerah 3T (Terpencil; Tertinggal dan Terdepan).

Topik Menarik