Loading...
Loading…
Pertamina Gandeng Rumah Zakat Rilis Program Pelestarian Budaya Lokal Pariwisata di Sabang

Pertamina Gandeng Rumah Zakat Rilis Program Pelestarian Budaya Lokal Pariwisata di Sabang

Powered by BuddyKu
Travel | Republika | Jumat, 23 September 2022 - 15:24

REPUBLIKA.CO.ID, SABANG - PT Pertamina FT Sabang bersama Rumah Zakakat launching program pemberdayaan pelestarian budaya lokal dan pariwisata, sarana dan prasarana kegiatan posyandu sehati, di Gedung Aula Kantor Keuchik Kuta Ateuh Sabang, Kamis (22/9/2022). Kegiatan tersebut turut dihadiri Pj Wali Kota Sabang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Sabang Faisal Azwar, FT Manager PT Pertamina Patra Niaga Sabang Aidil Lido, serta unsur muspika Sukakarya, TNI dan Polri, serta kader Posyandu, kelompok kesenian, dan kelompok handicraft.

FT Manager PT Pertamina Patra Niaga Sabang Aidil Lido mengungkapkan untuk budaya lokal dan pariwisata berfokus pada kesenian dan keterampilan yang sudah dilaksanakan pada beberapa tahun sebelumnya. Kemudian Posyandu Sehati, terkait Sarpras agar ke depannya kualitas/mutu kesehatan dimulai dari titik posyandu yang lebih terjamin.

"Harapannya dengan adanya program tersebut menjadi keberkahan dan bermanfaat bagi penerima manfaat," ujar Aidil Lido.

Faisal Azwar selaku asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Kota Sabang menyambut baik program pemberdayaan ini. Menurutnya suatu desa dapat berdaya dengan adanya generasi yang sehat. Dengan demikian adanya program ini dapat membantu pemerintah Sabang dalam menurunkan angka stunting.

Unsur budaya lokal dengan adanya Sanggar Seni Tari menjadi salah satu budaya pada kegiatan penyambutan tamu atau dikenal dengan Pemulia Jane yang nilainya sangat tinggi pada masyarakat Aceh. Kemudian hadirnya kelompok handicraft dapat membentuk ekonomi kreatif yang juga dapat berdampak baik pada sektor pariwisata.

"Semoga adanya program pemberdayaan masyarakat dari PT Pertamina dan Rumah Zakat dapat mengembangkan potensi dan keahlian pada generasi muda sehingga dapat memberikan manfaat dalam menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi," ujarnya.

Program peberdayaan yang dipersembahkan oleh PT Pertamina FT Sabang nantinya akan dijalankan selama lima bulan. Program tersebut meliputi vocational skill untuk kelompok handicraft Bina Bestari, bantuan sarana prasarana kelompok Bina Bestari, serta support sarana prasarana sanggar tari tradisional Aceh.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{