Dikenal Enak dan Lezat, Begini Cara Memilih Durian Musang King Asal Malaysia

Dikenal Enak dan Lezat, Begini Cara Memilih Durian Musang King Asal Malaysia

Travel | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 18:32
share

PAHANG, iNewsMedan.id - Bagi penggemar durian, tentu sudah tidak asing dengan Musang King. Ya, durian yang dikenal enak dan lezat ini sangat populer di Malaysia.

Durian Musang King menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang bertandang ke Negeri Jiran, Malaysia. Terlebih bagi masyarakat yang memang gemar dengan buah durian seperti turis dari Indonesia.

Durian Musang King terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, creamy, dan lumer di mulut. Salah satu jenis durian yang hits ini juga digemari lantaran memiliki biji yang lebih kecil atau tipis daripada jenis lainnya.

Jika tertarik menjajal durian Musang King asli Malaysia, Anda dapat bertandang ke Pahang, negara bagian Malaysia yang tak begitu jauh dari Kuala Lumpur. Sebab, di sana terdapat kawasan yang memang memiliki banyak perkebunan durian.

Anda bahkan bisa mengonsumsi durian langsung dari kebunnya. Nah, sebelum membeli durian Musang King di Malaysia, Anda perlu mengetahui tips dan trik memilih buah durian Musang King yang terbaik.

Durian Musang King biasanya memiliki kulit yang lebih tipis dan berduri lebih jarang daripada jenis durian lainnya, kata Angeline Tan, selaku salah satu owner Jimmy Durian Orchard yang terletak di Bentong, Pahang, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia menerangkan, durian Musang King yang sudah matang biasanya mengeluarkan harum yang enak. Kemudian ketika buah diguncang, itu ada bunyi khas yang artinya durian sudah matang dan siap disantap

Durian Musang King memiliki duri pendek dan jarang, berbeda dengan jenis durian lain. Selain itu, bila duriannya sudah matang, maka tangkainya lebih pendek daripada yang belum masak, katanya.

Kemudian, kekhasan lain dari durian Musang King adalah warnanya yang kuning keemasan. Bila ingin mencoba durian Musang King, sebaiknya datang saat musim panen pada Juli dan Desember, ujar dia.

Di Malaysia, salah satu perkebunan durian yang paling banyak dan populer terletak di Pahang, tepatnya di kawasan Raub dan Bentong.

Raub dan Bentong ini memang terkenal sebagai kawasan durian. Di sini banyak yang menanam durian. Selain Musang King, di sini yang terkenal juga ada durian Duri Hitam, kata Rusli selaku Tour Guide kepada MNC Portal.

Untuk pergi ke kawasan durian tersebut, wisatawan harus menempuh perjalanan darat sekira 2-3 jam dari pusat Kuala Lumpur. Di sepanjang jalan kawasan Bentong dan Raub itulah terdapat banyak perkebunan durian.

Salah satunya, yakni Jimmy Durian Orchard yang terletak di Bentong, Pahang, Malaysia. Wisatawan bisa berkunjung ke perkebunan atau dusun durian tersebut dan menikmati durian langsung dari kebunnya.

Untuk harga, kalau Musang King rata-rata itu bisa RM70 satu kilogram. Kalau bukan musimnya dan lagi jarang, bisa sampai RM100 (per kilo), ujarnya.

Lain halnya jika musim durian telah tiba. Pada musim panen durian, yakni pada Juli, harga durian Musang King bisa jauh lebih murah. Kalau lagi musim itu bisa RM38, kata Rusli.