Sempat Terhenti karena Avtur Mahal, Penerbangan Putussibau-Pontianak Kembali Beroperasi 1 Agustus 2022

Sempat Terhenti karena Avtur Mahal, Penerbangan Putussibau-Pontianak Kembali Beroperasi 1 Agustus 2022

Travel | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 09:40
share

PENERBANGAN pesawat rute Putussibau-Pontianak di wilayah Kalimantan Barat menurut rencana akan kembali beroperasi pada 1 Agustus 2022 mendatang.

"Wings Air sempat menghentikan penerbangan, namun akan kembali beroperasi pada 1 Agustus mendatang," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bandara Pangsuma Putussibau, Herry Dianto.

Ia mengatakan, maskapai Wings Air menghentikan penerbangan karena mahalnya harga bahan bakar yang berimbas mahalnya harga tiket pesawat rute Putussibau-Pontianak maupun Pontianak-Putussibau, yang mencapai Rp1,7 juta.

Infografis Bandara Instagramable

Menurutnya, hingga saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan.

"Dari hasil koordinasi itu diperkirakan penerbangan kembali beroperasi pada 1 Agustus," ucapnya.

Saat ini pihak Bandara Pangsuma Putussibau sedang mempersiapkan diri untuk pelayanan dalam pengoperasian penerbangan tersebut.

Diketahui pesawat Wings Air, menghentikan penerbangan di Bandara Pangsuma Putussibau pada 23 Juli 2022 dengan alasan mahalnya harga bahan bakar.

Terkait persoalan tersebut, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Sabtu, 16 Juli 2022 langsung menghubungi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melalui telepon seluler, melaporkan keluhan mahalnya harga tiket pesawat rute Putussibau-Pontianak dan sebaliknya.

Selain itu, Fransiskus juga menyampaikan kepada Menhub terkait penghentian operasional penerbangan di Bandara Pangsuma.

Topik Menarik