Ini Negara Pemilik Pulau Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Ini Negara Pemilik Pulau Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Travel | BuddyKu | Sabtu, 16 Juli 2022 - 07:40
share

IDXChannel - Setiap negara mempunyai batas wilayahnya sendiri, baik di darat maupun di laut. Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Namun, nyatanya Indonesia tidak termasuk lima besar negara dengan pulau paling banyak di dunia menurut data World Atlas. Dengan 17.504 pulau yang dimiliki, Indonesia menempati posisi keenam. Akan tetapi, jika bicara di wilayah Asia, maka Indonesia merupakan negara dengan pulau terbanyak.

Lantas negara mana saja yang memiliki pulau paling banyak di dunia? Berikut daftar negara-negara tersebut, dilansir dari World Atlas.

Swedia

Negara yang terletak di paling ujung utara bumi, Swedia, menjadi negara dengan pulau paling banyak di dunia. Swedia memiliki 267.570 pulau dengan hanya 24.000 pulau yang terbuka untuk umum atas kebijakan Hak Akses Publik Swedia. Ribuan pulau tersebut termasuk pulau kecil berukuran 25 meter persegi.

Salah satu kepulauan paling terkenal di negara ini bernama Stockholm, terletak di antara Oregrund di utara dan Landsort Selatan, memiliki 20.000 pulau, baik pulau kecil maupun bebatuan. Namun dari banyaknya pulau tersebut, hanya kurang dari 1.000 pulau saja yang berpenghuni. Pulau yang tidak berpenghuni namun tetap terbuka atas Kebijakan Hak Akses Publik Swedia dapat digunakan untuk mendaki, menyusuri hutan, menjadi buah atau jamur, selagi dapat menjaga lingkungannya.

Norwegia

Norwegia, yang merupakan negara tetangga Swedia, menempati posisi kedua sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Negara Nordik di Semenanjung Skandinavia ini memiliki 239.057 pulau. Salah satu kepulauan yang terkenal di negara ini adalah Kepulauan Lofoten. Kepulauan Lofoten menjadi kepulauan yang disertifikasi sebagai destinasi yang berkelanjutan. Sertifikasi ini diberikan untuk tempat-tempat yang berhasil mengurangi dampak negatif pariwisata dengan tetap melestarikan lingkungan alam, budaya, serta nilai sosial dan ekonomi di sana.

Finlandia

Finlandia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia ini memiliki 178.974 pulau. Wilayah kepulauan Finlandia terbentang dari pantai barat daya hingga ke laut Baltik. Pulau di negara ini sendiri terdiri dari sejumlah pulau berbatu.

Kanada

Negara Kanada memiliki 52.455 pulau dan menjadi negara keempat yang memiliki pulau terbanyak di dunia. Tiga pulau di antaranya merupakan 10 pulau terbesar di dunia. Pulau-pulau tersebut meliputi Pulau Baffin, Pulau Ellesmere, dan Pulau Victoria. Negara terbesar kedua di dunia ini memiliki pulau yang tersebar di Samudra Arktik, Pasifik, dan Atlantik.

Amerika Serikat

Negara kelima yang memiliki pulau terbanyak adalah Amerika Serikat, dengan 18.617 pulau termasuk Kepulauan Hawaii. Ditambah juga dengan pulau-pulau kecil seperti Atol Johnson dan Wake Island. Amerika Serikat juga memiliki pulau yang terkenal seperti Puerto Rico, Kepulauan Virgin, Guam, Samoa Amerika, dan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara.

( SAN )

Topik Menarik