Loading...
Loading…
Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Begini Penjelasannya

Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Begini Penjelasannya

Powered by BuddyKu
Travel | Celebrities | Senin, 04 Juli 2022 - 18:06

JAKARTA, celebrities.id - Kenapa waktu Idul Adha Indonesia dan Arab Saudi berbeda? Pertanyaan yang akhir-akhir ini muncul di berbagai platform media sosial, sebab Arab Saudi merupakan negara yang menjadi kiblat umat Islam dunia untuk beribadah.

Selain itu, di wilayah Arab Saudi terdapat Kakbah sebagai bangunan paling disucikan umat muslim seluruh dunia. Arab Saudi telah memutuskan bahwa jadwal hari raya Idul Adha akan dimulai pada Sabtu, 9 Juli 2022, sedangkan Indonesia jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

Dalam hadits yang diterangkan oleh Husain bin al-Harits al-Jadali, tentang penetapan tanggal hari raya termasuk penyaksian hilal berkata:

Rasulullah SAW telah berpesan kepada kami supaya kami menunaikan ibadah haji sesuai ruyat (hilal Dzulhijjah). Apabila kami tidak bisa menyaksikannya, kesudahan berada dua saksi tidak berat sebelah (yang menyaksikannya), karenanya kami mesti mengerjakan manasik sesuai kesaksian mereka."

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Senin (4/7/2022) telah merangkum kenapa waktu Idul Adha Indonesia dan Arab Saudi berbeda, sebagai berikut. Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Perbedaan Waktu dan Letak Geografis

Baca Juga :
Hari Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Begini Penjelasan Buya Yahya

Perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi terjadi karena letak wilayah Arab Saudi lebih barat dari Indonesia. Sehingga waktu di Indonesia otomatis akan lebih cepat 4 jam, sehingga hilal akan terlihat lebih dahulu yakni pada 9 Juli 2022 di Arab Saudi, seperti yang diterangkan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag RI, H. Muhammad Adib, S.Ag, Jumat, 1 Juli 2022 pada awak media.

Semakin sebuah wilayah menuju arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat. Sedangkan, letak geografis Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia, sehingga pada tanggal yang sama posisi hilal disana lebih tinggi. Perbedaan Penampakan Hilal

Idul Adha jatuh pada hari kesepuluh Dzulhijjah, bulan kedua belas dalam kalender Hijriah Islam. Negara Arab Saudi sendiri yang berbagai putusan resminya diikuti oleh banyak umat Islam di seluruh dunia, bulan Dzulhijjah dimulai pada Kamis, 30 Juni 2022, setelah penampakan bulan sabit pada Rabu, 29 Juni 2022.

Oleh karena itu, hari raya Idul Adha disana akan dimulai pada Sabtu, 9 Juli 2022 dan berlangsung selama empat hari dan akan berakhir pada malam hari Rabu tanggal 13 Juli 2022.

Baca Juga :
Terungkap! Ini Penyebab Beda Waktu Idul Adha 1443H di Indonesia dan Arab Saudi

Original Source

Topik Menarik

{