Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Hasilkan Minuman yang Lebih Lezat

Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Hasilkan Minuman yang Lebih Lezat

Travel | BuddyKu | Senin, 4 Juli 2022 - 18:06
share

JAKARTA, iNews.id - Tips meracik teh yang enak tanpa gula ternyata gampang-gampang susah. Pasalnya, Anda harus memperhatikan beberapa aspek, mulai dari suhu air hingga tempat yang digunakan untuk menyeduh air.

Meskipun begitu, Anda perlu mengetahuinya agar dapat menghasilkan minuman teh yang lezat. Tak hanya lezat, mengonsumsi teh tanpa gula juga memiliki banyak khasiat, dari meredakan stres hingga menurunkan kolesterol.

Lebih lanjut, Anda perlu menyimak sederet tips untuk meracik teh yang enak tanpa gula dari iNews.id berikut ini.

Tips meracik teh yang enak tanpa gula

1. Gunakan air segar untuk menyeduh teh

Air segar di sini maksudnya adalah air yang baru saja hendak direbus, bukan yang telah direbus dan dipanaskan kembali. Selain mengurangi kenikmatan, merebus air berulang kali dapat menghilangkan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya.

Untuk menyeduh teh, akan lebih baik jika air yang digunakan adalah air yang kaya akan kandungan mineral.

2. Menyesuaikan suhu dan jenis teh yang diseduh

Setiap teh yang diseduh memerlukan air dengan suhu tertentu yang berbeda-beda. Air untuk menyeduh teh hitam dianjurkan bersuhu lebih tinggi dibandingkan saat menyeduh teh hijau ataupun teh putih.

Lebih lanjut, Anda bisa menyeduh teh hitam dengan air yang bersuhu 85-95 celcius. Sedangkan untuk menyeduh teh hijau, Anda memerlukan air bersuhu 75-85 celcius.

Air untuk menyeduh teh putih bisa lebih dingin lagi, yakni berusuhu 65-75 celcius.

3. Memilih teko sesuai dengan jenis teh

Untuk menambah kenikmatan dalam mengonsumsi teh, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan teko.Penggunaan teko ini didasarkan pada jenis teh yang diseduh.

Untuk menyeduh teh hitam, Anda bisa menggunakan teko yang terbuat dari besi khas Cina karena dapat mempertahankan suhu panas dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, teh hijau akan lebih nikmat saat diseduh dengan air dari teko yang terbuat dari kaca atau porselen karena bahan kaca cenderung melepaskan panas.

4. Sesuaikan durasi menyeduh dengan jenis teh

Menyeduh teh juga memiliki teknik tertentu agar menghasilkan rasa yang nikmat. Teh hitam dianjurkan untuk diseduh lebih lama dibandingkan dengan teh hijau.

Jika Anda belum tahu yang pasti, Anda bisa menyeduhnya selama 3 menit. Namun setelah diseduh, Anda harus membuang kantong teh dan tidak memerasnya agar zat tannin yang dikeluarkan dari dalamnya tidak terlalu banyak.


Nah, itulah tips meracik teh yang enak tanpa gula. Selamat mencoba!

Topik Menarik