Paulus Waterpauw Bertemu dengan Pelaku Pariwisata di Papua Barat, Ini yang Dibahas

Paulus Waterpauw Bertemu dengan Pelaku Pariwisata di Papua Barat, Ini yang Dibahas

Travel | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 20:10
share

MANOKWARI, iNews.id - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menemui para pelaku pariwisata, Senin (27/6/2022). Pertemuan ini untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan sektor pariwisata serta memulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Dalam pertemuan di Amban Beach Manokwari ini turut dihadiri sejumlah pelaku pariwisata, di antaranya Wakil Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yansen Saragih, pengurus Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), pengurus Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAP) serta komunitas lain yang bergerak di bidang kepariwisataan, olahraga bahari dan pelestarian lingkungan hidup.

Waterpauw secara khusus mendengarkan saran para pelaku dan pegiat wisata untuk memajukan dunia pariwisata di Papua Barat.

Ini pertemuan yang baik, segala masukan muaranya yaitu untuk memajukan potensi pariwisata Papua Barat, kata Waterpauw, Senin (27/6/2022).

Wakil Ketua DPD HPI Papua Barat Yansen Saragih mempresentasikan program strategis organisasi yang dipimpinnya itu dalam membangun pariwisata pascapandemi sebagai solusi peningkatan ekonomi daerah.

Yansen memandang keikutsertaan Papua Barat dalam sejumlah ajang promosi pariwisata sebagai hal yang penting guna mendorong peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Papua Barat.

Para pemandu di lapangan selain harus memiliki sertifikasi kompetensi, mereka perlu dibekali juga dengan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam melayani wisatawan, kata Yansen.

Dia berharap pertemuan dengan Penjabat Gubernur Papua Barat dapat menghasilkan program nyata untuk membangkitkan pariwisata di daerah.