Dukung Pariwisata Indonesia, Bandara Soetta Diminta Tak Hanya Jadi Sarana Transportasi

Dukung Pariwisata Indonesia, Bandara Soetta Diminta Tak Hanya Jadi Sarana Transportasi

Travel | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 02:23
share

IDXChannel - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, meminta kontribusi lebih kepada Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk dapat mendukung perkembangan sektor pariwisata Indonesia. Tak hanya dalam bentuk kelancaran transportasi bagi wisatawan domestik dan juga mancanegara, keberadaan Bandara Soetta juga diharapkan dapat berfungsi sebagai etalase kebudayaan dan kesenian Indonesia di mata wisatawan.

Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian dan musik Indonesia. Kita punya kebudayaan yang luar biasa, musik yang luar biasa. Kita sebagai bangsa punya kultur, punya karakter. Ini yang kita harus terus jaga, ujar Erick, dalam keterangan resminya, Minggu (26/6/2022).

Dengan pemikiran tersebut, Erick pun mengapresiasi penyelenggaraan parade budaya Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara yang baru saja digelar di Bandara Soetta. Dalam pandangan Erick, inisiatif penyelenggaraan event sejenis merupakan salah satu bentuk upaya dalam rangka mendukung tumbuhnya perekonomian dan pariwisata nasional.

Konteksnya, ekonomi kita mulai kembali. Penting sekali bagaimana memastikan bahwa kegairahan, kehidupan itu tumbuh setelah COVID-19, tutur Erick.

Parade yang digelar tersebut menampilkan beragam kesenian tradisional dan memukau para penumpang pesawat termasuk wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Kesenian tradisional yang ditampilkan diantaranya adalah Tari Sigeh Pengunten dari Lampung, Tari Kancet Papatai dari Kalimantan Timur, Tari Topeng dan alat musik Angklung dari Jawa Barat, Tari Kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan dan Tari Cakalele dari Maluku.

Masyarakat Indonesia, wisatawan, para komunitas pekerja di airport bersuka cita dalam acara festival budaya hari ini. Kita bisa saksikan tadi ketika ada tarian, turis asing, turis lokal, semua yang ada di airport tersenyum, senang. Itu kehangatan yang harus kita jaga, tegas Erick. (TSA)

Topik Menarik