5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Disegani di Dunia, Amerika hingga Jepang

5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Disegani di Dunia, Amerika hingga Jepang

Travel | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:30
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia. Negara tersebut mempunyai kekuatan militer laut yang sangat besar dan kuat.

Reputasi negara-negara yang memiliki angkatan laut terkuat itu bahkan telah melegenda. Bahkan ada yang telah menjadi angkatan laut terkuat sejak masa Perang Dunia II.

Selain memiliki armada yang besar, angkatan laut ini juga persenjataan yang canggih dan kuat. Oleh sebab itu, tidak heran jika negara lain atau pihak luar segan untuk coba-coba melakukan hal yang berpotensi menimbulkan konfrontasi dengan mereka.

Lantas negara mana saja yang memiliki angkatan laut terkuat itu? Dilansir iNews.id dari Edu Dwar dan World Population Review, Selasa (14/6/2022), berikut ini adalah 5 angkatan laut terkuat dan paling disegani.

5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Disegani di Dunia

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara dengan angkatan laut yang paling disegani di dunia. US Navy telah berdiri sejak 1794 dan telah melegenda sebagai angkatan perang terkuat hingga saat ini.

Berkantor di Pentagon Arlington County, Virginia, AS, peran utama Angkatan Laut Amerika antara lain adalah Sealift, keamanan laut, keamanan maritim, kontrol laut, dan pencegahan. Mereka sebagian besar juga beroperasi di Samudera Atlantik, Pasifik, hingga Hindia. Bahkan sampai di Teluk Persia, Mediterania, hingga Tanduk Afrika.

US Navy saat ini mempunyai nyaris 350 ribu personel aktif, dan lebih dari 100 ribu personel cadangan siap pakai. Itu belum termasuk 270 ribu pegawai sipil. Mereka diperkirakan memiliki 480 kapal, 50.000 kendaraan non-tempur, 290 kapal tempur yang dapat dikerahkan dan 3.900 pesawat tempur berawak.

2. Cina

Angkatan Laut Cina sering juga disebut sebagai People\'s Liberation Army Navy (PLAN). Angkatan laut ini didirikan pada 23 April 1949 dan kini diakui sebagai salah satu angkatan laut terkuat di dunia.

Peran utama Angkatan Laut Pembebasan Rakyat ini adalah perang laut. Angkatan Laut Cina ini juga memiliki sekitar 300.000 ribu personel aktif, 600 pesawat, 537 kapal, 79 kapal selam, 36, kapal khusus ranjau, 17 kapal perang, 94 kapal pemburu kapal selam, dan masih banyak lagi.

3. Rusia

Rusia masuk sebagai salah satu negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia. Berkantor di gedung Admiralty, Saint Petersburg, peran utama Angkatan Laut Rusia adalah Sealift, perang laut, keamanan laut, dan masih banyak lagi.

Angkatan laut ini memiliki 150.000 sampai 160.000 personel aktif. Mereka memiliki legih dari 350 pesawat dan 1 kapal induk, 45 kapal patroli, 15 kapal tujuan khusus, 32 kapal pendarat, dan masih banyak jenis yang lain.

Angkatan Laut Rusia berkolaborasi dengan banyak armada asing dalam keselamatan kemudi, pengendalian obat dan barang selundupan, kontra pembajakan, dukungan kapal bermasalah, hingga misi penyelamatan.

4. Inggris

Royal Navy adalah kekuatan perang angkatan laut Inggris yang telah berdiri sejak 1546. Angkatan laut ini juga sangat legendaris dan hingga kini selalu menjadi jajaran angkatan laut terkuat di dunia. Dari zaman ke zaman, angkatan laut ini telah melakukan berbagai tugas utama.

Kini, peran utama Angkatan Laut Kerajaan Inggris ini adalah perang angkatan laut, menawarkan keamanan di laut, menghindari konflik, kemitraan internasional, perlindungan ekonomi, dan keamanan serta bantuan laut.

Mereka memiliki 80 kapal yang ditugaskan, 174 pesawat bersama dengan 1 kapal patroli es, 18 kapal patroli cepat, 13 kapal penanggulangan ranjau, 8 kapal patroli lepas pantai, 13 fregat, 6 kapal perusak, dan masih banyak lagi.

5. Jepang

Angkatan Laut Jepang sering disebut sebagai Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF).

Di masa perang, Jepang selaku negara fasis memang terkenal memiliki armada militer yang sangat kuat termasuk angkatan laut.

Namun pada 1945, ia hanya kalah setelah dua kota dibom oleh Amerika.

Jepang kemudian membangun lagi negaranya dan mendirikan JMSDF setelah Perang Dunia II tepatnya pada 1 Juli 1954.

Angkatan laut ini sekarang sangat disegani karena memiliki nyaris 60.000 personel aktif, 346 pesawat, lebih dari 150 kapal bersama dengan 8 kapal pelatihan, 6 kapal patroli, 30 kapal penyapu ranjau, 19 kapal selam, dan masih banyak lagi. Tugas utama angkatan laut ini adalah berpatroli di perairan teritorial dan menegakkan alur laut negara.

Topik Menarik