Keren! Pantai Pangandaran Jadi Lokasi Terfavorit Wisatawan Libur Lebaran di Jabar

Keren! Pantai Pangandaran Jadi Lokasi Terfavorit Wisatawan Libur Lebaran di Jabar

Travel | BuddyKu | Kamis, 26 Mei 2022 - 17:22
share

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menyatakan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran dan Kebun Raya Bogor menjadi objek wisata terfavorit yang dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2022 .

"Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor tercatat tingkat kunjungan wisatawan lokalnya tinggi selama libur Lebaran atau terfavorit selama Lebaran kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bahctiar.

Benny mengatakan, selama libur Lebaran 2022 terjadi lonjakan kunjungan wisatawan lokal pada objek wisata favorit di Jawa Barat. Menurut dia, besarnya kunjungan wisatawan diharapkan dapat menggairahkan UMKM di sekitar objek wisata.

infografis

Namun dari catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, seperti di Kabupaten Pangandaran, membeludaknya wisatawan belum berpengaruh signifikan pada sektor UMKM di sekitar objek wisata tersebut.

Selain itu, patut menjadi perhatian adalah masalah sampah yang membuat objek wisata menjadi kumuh. "Idealnya dengan kunjungan wisatawan cukup besar seharusnya berpengaruh positif pada warga sekitar utamanya UMKM," kata Benny Bahctiar.

"Namun ironisnya, sejumlah UMKM menginformasikan, pada liburan panjang Lebaran ini dan hari biasa itu sama saja pengaruhnya terhadap tingkat pendapatan mereka," ujarnya.