Diduga Ingkar Janji Proyek, Kadis Pendidikan Simalungun Dikabarkan Disekap Rekanan di Hotel

Diduga Ingkar Janji Proyek, Kadis Pendidikan Simalungun Dikabarkan Disekap Rekanan di Hotel

Travel | BuddyKu | Minggu, 22 Mei 2022 - 14:39
share

SIMALUNGUN Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Simalungun, Zocson Silalahi dikabarkan disekap rekanan atau kontraktor di sebuah hotel pekan kemarin. Hal itu terjadi diduga akibat Zocson ingkar janji terkait proyekTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah-sekolah.

Informasi yang diperoleh, Zocson dan beberapa stafnya sempat dibawa paksa dari kantornya di Dinas Pendidikan di Pematang Raya, oleh seorang rekanan dan beberapa pria yang diduga oknum aparat ke salah satu hotel di Pematangsiantar.

Zocson disebut-sebut diminta untuk mengembalikan fee proyek pengadaan sarana TIK di sekolah- sekolah yang sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus dengan nilai lebih Rp40 miliar.

Bahkan Zocson diinformasi sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami trauma, pascadisekap dan diduga mengalami intimidasi, supaya fee yang sudah diterima dikembalikan karena proyek pengadaan sarana TIK tidak dimenangkan oleh rekanan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Simalungun, Zocson Silalahi yang dikonfirmasi via pesan WhatsApp (WA) sejak kemarin malam tidak bersedia memberikan jawaban.

Namun di beberapa media Zocson dalam pernyataannya membantah disekap oleh rekanan karena ingkar janji proyek. tapi mengakui melakukan pertemuan dengan rekanan di salah satu hotel di Pematangsiantar membahas kegiatan.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun. SML Simangunsong yang dimintai upaya konfirmasi ke kepala Dinas Pendidikan Zocson Silalahi untuk memastikan apakah benar mengalami penyekapan terkait fee proyek juga mengaku hingga Minggu, (22/5/2022) belum dapat berkomunikasi.

"Dari semalam, Sabtu ,(21/5/2022) hingga sekarang, Minggu ,(22/5/2022) telpon saya tidak diangkat kepala Dinas Pendidikan", sebut Simangunsong.

Praktisi hukum Sepri Ijon Maujana Saragih mendesak aparat hukum bahkan bila perlu KPK ikut untuk membidik dugaan suap proyek di Dinas Pendidikan Pemkab Simalungun yang berujung penyekapan pejabat. Baca: Kepergok Warga, Pencuri Motor di Lampung Utara Ini Babak Belur Dihakimi Massa.

"Kuat dugaan saya kejadian penyekapan Kadis Pendidikan Pemkab Simalungun benar terjadi, karena di beberapa media juga ada pengakuan Zocson Silalahi melakukan pertemuan dengan rekanan di hotel tempatnya diberitakan disekap," ujar Sepri.

Sepri juga mempertanyakan, pernyataan Kadis Pendidikan Pemkab Simalungun Zocson yang mengaku melakukan pertemuan membahas kegiatan dengan rekanan di hotel, yang dinilai tidak pantas dan janggal jika hanya pertemuan biasa.

(nag)

Topik Menarik