Datang dari Luar Daerah, 169 Sapi di Bangka Suspek Penyakit Mulut dan Kuku

Datang dari Luar Daerah, 169 Sapi di Bangka Suspek Penyakit Mulut dan Kuku

Travel | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 08:36
share

BANGKA, iNews.id - Sebanyak 169 ekor sapi di Kabupaten Bangka suspek penyakit mulut dan kuku (PMK). Ratusan ekor sapi tersebut didatangkan dari luar Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Sub Koordinator Hewan pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, drh Eka Irawati mengatakan, 169 ekor sapi itu menjadi suspek PMK berdasarkan hasil tes darah terhadap 10 ekor sapi yang bergejala.

Selain sampel darah dari sapi bergejala, dilakukan juga pengujian sampel pengerokan lidah dan ingus pada dua ekor sapi, ujar Eka, Minggu (15/5/2022).

Eka mengatakan, ratusan ekor sapi itu didatangkan dari luar Kepulauan Babel pada 26 April 2022 melalui jalur laut.

Menurut Eka, ratusan ekor sapi suspek PMK itu tersebar di tiga kecamatan yakni Sungailiat, Pemali, dan Merawan. Namun belum ada laporan kematian hewan ternak yang menjadi suspek PMK itu.

Eka menambahkan, virus PMK ini mudah menyebar ke hewan ternak lain seperti kambing, domba, babi dan yang berkuku genap.

Namun, Eka memastikan sapi hasil budi daya peternak lokal belum ada yang terinfeksi PMK.

Sapi hasil budi daya peternak diketahui sampai saat ini tidak ditemukan yang terinfeksi PMK, katanya.

Eka mengatakan, pemerintah daerah telah menyarankan untuk tidak mendatangkan hewan ternak dari luar daerah. Selain itu dilakukan tindakan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan.

Untuk vaksin hewan sudah kami usulkan ke pusat kesehatan hewan dengan harapan segera dapat didistribusikan sesuai kebutuhan, kata Eka.

Topik Menarik