Kriteria Proyek Strategis yang Bakal Dicoret

Kriteria Proyek Strategis yang Bakal Dicoret

Terkini | okezone | Rabu, 15 Mei 2024 - 16:28
share

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga Juni 2024. Setidaknya ada tiga indikator untuk mengukur progres PSN yang nantinya akan diputuskan berlanjut atau tidak.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso menjelaskan, ketiga indikator yang akan mengukur perkembangan PSN itu seperti masalah pembebasan lahan, konstruksi, dan mendapatkan investor atau belum.

"PSN dan KEK itu akan dievaluasi sampai akhir Juni, nanti kriterianya, PSN sudah ditampilkan pak Menko, apakah sampai Juni ini melewati tiga kriteria," ujar Susi usai acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Park Hyatt Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Jika ketiga kriteria tersebut belum diselesaikan pada sebuah proyek strategis nasional, maka status PSN yang diberikan sebelumnya akan dicabut oleh Pemerintah pada bulan Juni mendatang.

"Satu paling tidak sudah financial closing, kedua sudah ground breaking, fisiknya sudah jalan, kedua, ketiga, apakah lahan dan perizinannya semua sudah selesai. Kalau sudah melewati tiga ini, berarti nanti lanjut. Kalau tidak, kita cabut," sambungnya.

Sekedar informasi tambahan, Pemerintah telah resmi menambah 16 PSN baru pada tahun 2024. Hal itu seperti yang tertuang dalam Permenko Nomor 6 Tahun 2024 tentang Proyek Strategis Nasional. Terdiri dari 14 proyek konstruksi, dan 2 program.

Topik Menarik