Nikson Nababan Sosok Peduli Rakyat Abadikan Nama Bung Karno di Sumatera Utara

Nikson Nababan Sosok Peduli Rakyat Abadikan Nama Bung Karno di Sumatera Utara

Terkini | medan.inews.id | Senin, 6 Mei 2024 - 18:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id -  Ketua DPC PDIP Tapanuli Utara (Taput) Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si., dikenal sebagai sosok pemimpin yang merakyat, penuh dedikasi, dan memiliki penghormatan tinggi terhadap sejarah bangsa. Pria kelahiran Siborong-borong, 5 Oktober 1972 ini, baru saja menyelesaikan masa jabatannya sebagai Bupati Tapanuli Utara selama 10 tahun (2014-2024).

Nikson terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang tak banyak bicara, namun fokus pada karya nyata untuk masyarakat. Ia dikenal sebagai pemikir yang dekat dengan rakyat, terbukti dengan kesediaannya menerima tamu hingga dini hari di rumah dinasnya yang ia beri nama "Sopo Rakyat".

Kecintaan Nikson terhadap sejarah dan para pemimpin bangsa, khususnya Bung Karno, ditanamkan sejak dini oleh orang tuanya, Drs. Binton Nababan dan Basaria Lumbantoruan, yang keduanya berprofesi sebagai guru.

"Pesan moral tentang pentingnya pendidikan dan penghargaan terhadap sejarah  maka harus terus belajar dan meraih pendidikan tinggi," ujar Nikson dalam pesannya.

Puncaknya, pada tanggal 12 Juni 2023, ia berhasil meraih gelar Doktor dari Sekolah Pasca Sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Sumedang.

 

Mengabadikan Nama Bung Karno di Sumatera Utara

Penghormatan Nikson terhadap Bung Karno dan keluarganya tidak hanya dalam bentuk ucapan, tetapi juga diwujudkan melalui karya nyata. Ia menamai berbagai infrastruktur di Tapanuli Utara dengan nama-nama tokoh nasional, seperti:

Jembatan Fatmawati (diresmikan 29/12/2021)
Jembatan Berdikari (diresmikan 24/12/2021)
Jembatan Ir. Soekarno Aek Sarulla Kec. Pahae Jae (diresmikan 18/07/2023)
Jembatan Soekarno di Desa Silando Kec. Muara (diresmikan 24/11/2023)
Jalan lingkar Siborongborong
Pasar Rakyat Marhaen di Desa Hutaraja Kec. Sipoholon (diresmikan 10/11/2023)
Pemberian nama-nama tersebut merupakan bentuk penghormatan Nikson terhadap jasa para pahlawan bangsa dan sekaligus pengingat bagi masyarakat untuk selalu mengenang perjuangan mereka.

Nikson tidak hanya ingin memajukan Tapanuli Utara, tetapi juga memiliki visi untuk membangun Sumatera Utara yang lebih sejahtera. Ia bertekad untuk membawa semangat Bung Karno, khususnya dalam hal pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat, ke seluruh penjuru provinsi ini.

 

Keberhasilan Nikson dalam memimpin Tapanuli Utara tak lepas dari dukungan penuh sang istri, Satika Simamora, SE, MM. Mantan Ketua PKK Taput yang multitalenta ini juga merupakan Caleg terpilih untuk DPRD Sumut.

Saat ini, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si., tengah giat melakukan safari politik ke berbagai daerah di Sumatera Utara untuk menyosialisasikan visinya dan mendapatkan dukungan masyarakat. Ia telah mendaftarkan diri ke DPD PDIP Sumut sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2024.

Sosok Nikson Nababan yang merakyat, penuh dedikasi, dan memiliki penghormatan tinggi terhadap sejarah bangsa menjadikannya pemimpin yang ideal untuk membawa Sumatera Utara menuju masa depan yang lebih cerah.

Topik Menarik