Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei: Israel Harus Dihukum karena Serang Konsulat di Damaskus!

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei: Israel Harus Dihukum karena Serang Konsulat di Damaskus!

Terkini | inews | Rabu, 10 April 2024 - 14:32
share

TEHERAN, iNews.id Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Rabu (10/4/2024) ini mengatakan bahwa Israel harus dihukum karena menyerang kompleks kedutaan Iran di Suriah. Pernyataan itu dia sampaikan di tengah meningkatnya ketegangan Israel dengan musuh-musuhnya di Timur Tengah.

Sebelumnya, pesawat tempur Israel dilaporkan mengebom konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada Senin (1/4/2024) pekan lalu. Serangan udara tersebut menewaskan tujuh penasihat militer Iran.

Ketika mereka menyerang konsulat, mereka seolah-olah menyerang wilayah kami. Rezim jahat melakukan kesalahan dan harus dihukum dan memang sudah seharusnya demikian, kata Khamenei dalam pidatonya.

Sebagai tanggapan atas pernyataan Khamenei, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, pada hari ini mengatakan bahwa pihaknya akan merespons jika Teheran menyerang Israel dari wilayah Iran sendiri.

Jika Iran menyerang dari wilayahnya sendiri, Israel akan membalas dan menyerang di Iran, kata Katz dalam unggahan di platform media sosial X.

Iran mendukung kelompok-kelompok yang ikut terlibat dalam konflik di Timur Tengah sejak Israel melancarkan invasi ke Gaza, menyusul serangan Hamas terhadap Israel Selatan pada 7 Oktober. Sekitar 33.360 warga Palestina tewas selama enam bulan Israel membombardir Gaza. Sementara serangan Hamas pada 7 Oktober hanya menewaskan 1.200 orang Israel.

Kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran setiap hari selalu baku tembak dengan Israel. Sementara kelompok-kelompok Irak menembaki pasukan AS di Suriah dan Irak. Pada waktu yang sama, kelompok Houthi di Yaman yang juga di-support oleh Teheran menyasar kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden.

Topik Menarik