7 Cara Membedakan Air Zamzam Asli dan Palsu, Jamaah Haji serta Umrah Wajib Tahu

7 Cara Membedakan Air Zamzam Asli dan Palsu, Jamaah Haji serta Umrah Wajib Tahu

Terkini | okezone | Sabtu, 6 April 2024 - 13:28
share

INI cara membedakan air zamzam asli dan palsu. Zamzam adalah air yang thohur (suci dan dapat menyucikan) serta air yang thayyib (sangat baik). Umat manusia dianjurkan untuk meminum air tersebut.

Dilansir Rumaysho.com , dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengatakan air zamzam adalah sebaik-baik air di muka bumi. Beliau bersabda:

Artinya: "Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit." (Lihat As-Silsilah Ash-Shahihah nomor 1056. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini hasan)

Air zamzam juga bisa menyembuhkan penyakit. Sampai-sampai sebagian pakar fikih menganjurkan agar berbekal dengan air zamzam ketika pulang dari Tanah Suci untuk menyembuhkan orang yang sakit.

Dalilnya, dulu 'Aisyah radhiyallahu 'anha pernah membawa pulang air zamzam di dalam sebuah botol. Lalu beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melakukan seperti ini.

Diriwayatkan dari yang lainnya, dari Abu Kuraib, terdapat tambahan:

- -

Artinya: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah membawa air zamzam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan air zamzam."

(Diriwayatkan oleh Al Baihaqiy dalam Sunanul Kubro 5/202 dan Syu'abul Iman 3/1502. Kholad bin Yazid bersendirian. Syekh Al Albani dalam As-Silsilah Ash-Shohihah nomor 883 mengatakan hadits ini shahih karena memiliki penguat dari jalur Abu Zubair)

Topik Menarik