Mazda Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia, Bakal Ekspor?

Mazda Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia, Bakal Ekspor?

Terkini | okezone | Rabu, 3 April 2024 - 14:10
share

JAKARTA - Mazda tengah membangun pabrik perakitan di wilayah Jawa Barat, Indonesia. Dengan dibangunnya pabrik perakitan tersebut, apakah unit yang diproduksi bakal diekspor ke luar negeri?

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang merupakan ATPM dan distributor Mazda, Ricky Thio, belum mau berbicara banyak soal kemungkinan ekspor ke depannya.

Itu karena untuk saat ini hingga beberapa waktu ke depan, pihaknya fokus memenuhi permintaan Mazda dari dalam negeri. Meski begitu, mungkin di masa depan bisa saja nantinya unit yang dirakit di Indonesia diekspor ke luar negeri.

"Well in the near future, kita lebih mengutamakan kebutuhan dalam negeri. Tapi maybe in the long term (ekspor-red) saya belum tahu bisa-bisa aja. In the long term," kata Ricky saat berkunjung ke kantor redaksi Okezone, belum lama ini.

Ia menjelaskan, pihaknya tengah fokus dengan pendirian pabrik tersebut. Ricky belum bisa memastikan kapan pembangunan pabrik itu selesai hingga bisa beroperasi. Namun yang pasti, pembangunan pabrik itu tengah dikejar agar bisa selesai secepatnya.

"Groundbreaking sudah kita lakukan dan kita akan lakukan persiapan-persiapan untuk menuju sampai actually factory. (Target beroperasi?-red) Saya belum berani ngomong detail, tapi kita akan mencoba untuk secepatnya," tuturnya.

Topik Menarik