RI Punya 3 Smart Terminal,Tak Ada Lagi Preman

RI Punya 3 Smart Terminal,Tak Ada Lagi Preman

Terkini | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 16:37
share

JAKARTA Indonesia kini memiliki smart terminal dengan teknologi canggih. Smart Terminal ini juga didukung dengan Sistem Monitoring melalui Smart Command Center.

Tahap awal, Smart Terminal dan Smart Command Center akan diimplementasikan di 3 terminal, yaitu Terminal Kabanjahe di Kabupaten Karo, Terminal Lubuk Pakam di Kabupaten Deli Serdang dan Terminal Pasar X Tanjung Beringin di Kabupaten Langkat.

Smart Terminal dibangun oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara.

Kerja sama ini akan menghadirkan digitalisasi sistem pengawasan operasional terminal yang terintegrasi untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan Terminal Tipe B di Sumatera Utara, serta membangun Smart Command Center untuk memonitor dan mengetahui secara real time kinerja Terminal Tipe B di wilayah tersebut, kata Direktur Utama TKDN David Santoso, Selasa (2/4/2024).

Ada pun penerapan Smart Terminal ini, termasuk:

Sistem Manajemen Pengawasan Antrian Kendaraan: Mengawasi antrian kendaraan serta menghitung jumlah kendaraan keluar dan masuk area terminal.

Sistem Informasi dan Monitoring: Memberikan informasi real-time tentang kondisi terminal.

Sistem Keamanan dan Pengawasan: Meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang dengan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Smart Command Center untuk Dishub Sumatera Utara.

Topik Menarik