Putusan Sidang Caleg PDIP di Bawaslu Tangerang Tidak Pengaruhi Hasil Suara Pemilu

Putusan Sidang Caleg PDIP di Bawaslu Tangerang Tidak Pengaruhi Hasil Suara Pemilu

Terkini | banten.inews.id | Sabtu, 30 Maret 2024 - 04:30
share

TANGERANG , iNewsBanten - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang telah menggelar sidang putusan pelanggaran administrasi antara Caleg PDI-P Akmaludin Nugraha dan Gita Swarantika pada Jumat (29/03/2024).

Dalam sidang dugaan pelanggaran administratif tersebut Bawaslu Kabupaten Tangerang telah memutus dan menyatakan bahwa terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh PPK Kecamatan Kelapa Dua.

Kendati adanya pelanggaran tersebut, putusan Bawaslu tidak akan merubah dan mempengaruhi hasil Pemilu yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Tangerang.

"Meski putusan menyatakan terbukti ada pelanggaran, namun Bawaslu tidak bisa merubah hasil Pemilu 2024 pada Dapil 6," singkat Ikbal Al-Ambari Komisioner Bawaslu kepada wartawan. Sabtu, 30 Maret 2024.

Senada, Kuasa hukum terlapor dari PPK Kecamatan Kelapa Dua, Rudini sangat menghormati keputusan Bawaslu Kabupaten Tangerang yang telah memvonis bersalah.

Namun, berdasarkan surat ketua Bawaslu RI No. 290/PP.06.06/K1/03/2024 tanggal 15 Maret 2024 tentang petunjuk penyelesaian adminsitratif pemilu pada tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.

Menyebutkan bahwa hasil pemilu telah ditetapkan secara nasional menjadi objek perselisihan pemilu di mahkamah konstitusi republik indonesia. Mengingat UU 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2022.

"Meskipun pelanggaran administratif terbukti pada sidang Bawaslu ini, namun tetap tidak bisa merubah hasil perolehan suara Pemilu," tandasnya.

Sementara itu, Pelapor, Akmaludin Nugraha, membenarkan hasil sidang ini tidak bisa merubah hasil perolehan suara Caleg PDIP, Gita Swarantika.

Namun, pihaknya tetap bersyukur dan berterima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Tangerang. Sebab, hasil putusannya nanti akan menjadi bahan pertimbangan di mahkamah partai.

Alhamdulillah perjuangan kami tidak sia-sia, tandasnya.

Topik Menarik