Harga Beras Mahal dan Langka, Pedagang Teriak

Harga Beras Mahal dan Langka, Pedagang Teriak

Terkini | okezone | Senin, 12 Februari 2024 - 19:15
share

JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia), Reynaldi Sarijowan menyatakan harga beras di pasar saat ini makin tidak jelas, hal itu lantaran kenaikan harga beras yang terus melonjak belakangan.

Reynaldi menjelaskan, pihaknya mendapati laporan untuk harga beras medium terkerek di Rp13.500 perkilo sedangkan beras premium sudah menyentuh Rp18.500 perkilo. Kedua harga tersebut sudau melebihi Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Persoalan harga beras yang tak kunjung menyentuh HET ini disebabkan beberapa faktor," ujar Reynaldi melalui pernyataan tertulisnya, Senin (12/2/2024).

Lebih lanjut, Reynaldi mengungkapkan persoalan pertama datang dari Pemerintah yang dinilai kurang serius dalam pengelolaan perberasan sejak musim tanam tahun 2022 hingga kini sehingga produktivitas beras kita datanya simpang siur.

"Kedua kami mendorong agar sinkronisasi data antara beras yang di sebarkan di masyarakat di gunakan untuk bansos dan yang disebarkan untuk pedagang pasar itu penting untuk keberlangsungan pasar agar harga dipasar tidak tinggi," sambungnya.

Topik Menarik