Ini Biang Kerok Harga Beras Cs Dijual di Atas HET

Ini Biang Kerok Harga Beras Cs Dijual di Atas HET

Terkini | okezone | Senin, 12 Februari 2024 - 07:40
share

JAKARTA - Para produsen telah menaikkan harga beli (tebus) sebesar 20-35 di atas HET sejak sepekan terakhir, sehingga peritel juga harus menaikkan harga jual.

Para peritel terpaksa menjual komoditas bahan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng di atas harga eceran tertinggi (HET) serta harga acuan lainnya. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan hal ini disebabkan karena mendapat harga yang tinggi dari produsen.

"Faktanya saat ini kami tidak ada pilihan dan harus membeli dengan harga di atas HET dari para produsen atau pemasok beras lokal, bagaimana mungkin kami menjual dengan HET," ujar Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey dikutip Antara, Senin (12/2/2024).

Berdasarkan penjelasan Roy, wewenang untuk mengatur dan mengontrol harga yang ditentukan oleh produsen bahan pokok tidak dimiliki oleh Aprindo.

Sebagai sektor hulu, para produsen akan menetapkan harga. Selanjutnya, melalui jaringan distribusi akan mengalir kepada peritel di sektor hilir, kemudian masyarakat pada gerai ritel modern akan membeli atau berbelanja.

Topik Menarik