Ini Rahasia Sukses Menulis Esai Beasiswa LPDP, Auto Lolos

Ini Rahasia Sukses Menulis Esai Beasiswa LPDP, Auto Lolos

Terkini | okezone | Minggu, 11 Februari 2024 - 12:21
share

Esai mempunyai peran penting dalam proses administrasi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

JAKARTA - Esai mempunyai peran penting dalam proses administrasi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Oleh karena itu, penting untuk memahami trik menulis esai yang efektif agar dapat meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa LPDP yang diharapkan.

Umumnya, esai mencerminkan karakteristik individu yang mengajukan beasiswa. Esai memberikan kesempatan bagi pelamar untuk menggambarkan diri mereka sendiri, termasuk minat mereka terhadap universitas tujuan dan bidang studi yang dipilih serta keterampilan yang dimiliki. Melalui esai, mereka dapat menyampaikan motivasi dan pengalaman mereka.

Dengan melihat esai yang dikirimkan oleh para calon pendaftar, penyelenggara program beasiswa memiliki dapat mengidentifikasi calon penerima yang memiliki potensi sejati dan layak mendapatkan dukungan. Tak jarang juga, para calon pendaftar tidak dapat lolos ke tahap berikutnya karena tulisan esai mereka yang dinilai kurang baik.

Dua dokter muda yang pernah mendapat beasiswa LPDP, yaitu Novia Nasution dan Inria Astari Zahra menekankan pentingnya esai dalam seleksi beasiswa LPDP.

Keduanya merupakan penerima beasiswa LPDP dengan Novia mendapatkan beasiswa pada batch II 2023 dan Inria pada batch II tahun yang sama.

Topik Menarik