3 Fakta Anggaran Rp50 Triliun Diblokir untuk Bansos dan Subsidi Pupuk

3 Fakta Anggaran Rp50 Triliun Diblokir untuk Bansos dan Subsidi Pupuk

Terkini | okezone | Sabtu, 10 Februari 2024 - 08:01
share

JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menggunakan teknik Automatic Adjustment untuk bantuan sosial ( bansos ) dan subsidi pupuk.

Langkah automatic adjustment atau penyesuaian otomatis belanja dilakukan pemerintah untuk memangkas sejumlah alokasi anggaran yang semula digunakan untuk program kementerian dan lembaga menjadi kepentingan masyarakat dan Petani.

Berdasarkan penelusuran Okezone terdapat 3 Fakta Anggaran Rp50 Triliun Diblokir untuk Bansos dan Subsidi Pupuk sebagai berikut

1. Memblokir Anggaran Senilai Rp50 triliun

Pemerintah memblokir anggaran kementerian dan lembaga (K/L) senilai Rp50 triliun. Langkah ini adalah automatic adjustment atau penyesuaian otomatis belanja kementerian dan lembaga tahun anggaran 2024.

2. Nilai Subsidi Pupuk sebesar Rp14 triliun

Airlangga mengatakan, sebagian dari pemblokiran anggaran K/L akan dialokasikan untuk bantuan sosial (bansos) dan subsidi pupuk. Adapun, nilai subsidi pupuk yang ditambal pemerintah sepanjang 2024 sebesar Rp14 triliun.

Nanti itu teknik-tekniknya ada macam-macam cara (sumber anggaran pupuk subsidi), salah satunya automatic adjustment, salah satunya, ujar Airlangga saat ditemui di tempat kerjanya, dikutip Sabtu (10/2/2024).

Topik Menarik