Riset Temukan Bukti Medan Magnet Bumi Hampir Runtuh 590 Juta Tahun Lalu

Riset Temukan Bukti Medan Magnet Bumi Hampir Runtuh 590 Juta Tahun Lalu

Teknologi | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 14:42
share

Medan magnet bumi telah berubah arah berkali-kali selama jutaan tahun, terkadang disertai pelemahan sementara. Periode yang lebih lama di mana bidang ini berkurang terjadi antara 591 dan 565 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA - Ilmuwan Temukan Medan Magnet Terbesar Alam Semesta

Seperti dilansir dari Rideapart, tak lama kemudian, fosil hewan kompleks pertama kali muncul dalam catatan geologi.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa mungkin pelemahan itulah yang memungkinkan hal ini terjadi, meskipun terdapat kontradiksi dengan peran lapangan dalam memungkinkan adanya kehidupan.

Medan geomagnetik adalah salah satu hal yang membedakan Bumi dengan Venus dan Mars. Hal ini telah membantu Bumi menahan pengupasan atmosfer yang disebabkan oleh angin matahari, dan bertindak sebagai perisai terhadap lontaran massa koronal yang akan membanjiri planet ini dengan radiasi.

Pencarian kehidupan di luar Tata Surya mengasumsikan medan magnet yang kuat merupakan suatu persyaratan, setidaknya untuk kehidupan di permukaan dibandingkan jauh di dalam planet.

Kekuatan dan arah medan sepanjang sejarah Bumi dapat dibaca pada batuan yang menyimpan catatan medan lokal pada saat terbentuk, asalkan panas berikutnya tidak menghapus pita tersebut.

Profesor John Tarduno dari Universitas Rochester dan rekannya mengeksplorasi sampel kristal plagioklas dari Passo da Fabiana Gabbros, Brasil, yang terbentuk 591 juta tahun lalu.

Mereka menemukan bukti kadar air terendah yang pernah tercatat, seper-30 dari kadar air saat ini, dan juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

Berdasarkan penelitian lain, para penulis berpendapat bahwa ladang yang jumlahnya di bawah 10 persen dari yang ada saat ini bertahan setidaknya selama 26 juta tahun, termasuk salah satu periode paling penting bagi kehidupan dalam sejarah bumi.

Meskipun hewan pertama diperkirakan muncul lebih awal, mereka adalah spesies mikroskopis atau stasioner seperti spons modern. Makhluk aktif pertama, yang dikenal sebagai fauna Ediacaran, muncul dalam catatan fosil sekitar 560 juta tahun yang lalu.

Peningkatan oksigen di atmosfer, dan akibatnya oksigen terlarut di lautan, diyakini merupakan faktor penting bagi kedatangan hewan-hewan kompleks dan sangat mobile, meskipun berapa banyak oksigen tambahan yang ada masih belum diketahui secara pasti.

Tarduno dan rekan penulis berpendapat bahwa pelemahan medan magnet pada saat ini mungkin menjadi kunci kemunculan fauna Ediacaran.

Medan yang lebih lemah akan menghasilkan lebih banyak hidrogen yang lepas dari atmosfer. Dengan semakin sedikitnya unsur yang bebas berikatan dengan oksigen, terdapat peluang bagi atmosfer planet untuk berubah sehingga dapat meningkatkan kehidupan.

Para penulis mengakui sulit untuk memodelkan berapa banyak oksigen yang bisa disediakan oleh medan yang lebih lemah. Model yang ada memperkirakan peningkatan kehilangan hidrogen sebesar 30 hingga 1.000 persen, dan variasi yang sangat besar ini menimbulkan banyak ketidakpastian mengenai peningkatan oksigen yang diakibatkannya.

Penulis berpendapat bahwa medan pelindung bisa menyusut sedemikian rupa sehingga plasma di bagian atas atmosfer terkena angin matahari, sehingga meningkatkan hilangnya ion hidrogen.

Salah satu faktor yang belum diperhitungkan oleh pihak lain adalah peningkatan paparan partikel bermuatan tinggi dari Matahari dapat menghasilkan lebih banyak nitrogen oksida, yang menciptakan lubang ozon.

Hal ini, pada gilirannya, akan memaparkan atmosfer bagian bawah terhadap radiasi ultraviolet ekstra, yang dapat memecah uap air menjadi hidrogen dan oksigen, dan sebagian hidrogen berlebih akan keluar sebelum terjadi rekombinasi.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti mengapa medan bumi menurun pada saat ini. Namun, studi ini menunjukkan bahwa pelemahan medan magnet mungkin telah memainkan peran penting dalam memungkinkan munculnya kehidupan kompleks di Bumi.

Hal ini juga menunjukkan bahwa saat mencari planet yang berpotensi memiliki kehidupan maju, kita mungkin perlu mempertimbangkan kemungkinan fluktuasi medan magnet di masa lalu.

Topik Menarik