Ditanya Siapa Sosok Cawapres Ganjar, Megawati: Tunggu Tanggal Mainnya

Ditanya Siapa Sosok Cawapres Ganjar, Megawati: Tunggu Tanggal Mainnya

Teknologi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 06:00
share

AKURAT.CO Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dan Plt Ketua Umum PPP Mohamad Mardiono belum membahas penetapan calon wakil presiden (cawapres) dalam pertemuan pertama dua partai untuk membahas pemenangan Ganjar Pranowopada Pilpres 2024.

Ketua Umum PDIP Megawati pada sesi jumpa pers menyampaikan bahwa belum ada pembahasan mengenai cawapres dengan PPP.

"Jadi tolong sabar ya, tunggu saja (tanggal) mainnya," kata Megawati saat bertemu dengan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Kantor PDIP, Jakarta, Minggu (30/4/2023),

Presiden Ke-5 RI itu memastikan partainya bersama partai lain yang tergabung dalam kerja sama politik untuk Pilpres 2024 pasti bakal mengumumkan pasangan Ganjar sebelum masa pendaftaran ke KPU RI berakhir.

"Tapi mungkin bisa saja kalau umpamanya besok. Saya hitung-hitung dulu. Waktu saya di Batu Tulis ada sebutan kontemplasi. Nanti mungkin merenung dulu, kontemplasi lagi, tetapi satu tujuan saya Indonesia Raya," kata Megawati.

Walaupun demikian, Ketua Umum PDIP itu memberi sinyal ada banyak tokoh yang ingin diusung oleh partainya sebagai cawapres. Dia memberi sinyal itu lewat perumpamaan gerbong kereta.

"Saya memang mengatakan ke anak-anak saya di PDI Perjuangan. Dulu sebagai Ketua Umum PDI saya baru sanggup membuat rel kereta, tetapi rel kereta itu saya buat sudah dengan sebuah tujuan untuk Indonesia Merdeka. Nah ternyata tadinya satu gerbong, sekarang ini saya umpamakan gerbongnya 20, saja loh, itu sudah penuh sesak, yang mau ikut banyak banget. Ada yang malu-malu kucing," kata Megawati.

Sementara itu, Mardiono menjelaskan, pembahasan mengenai cawapres tentu akan digelar dua partai sebelum mereka mendaftarkan pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Soal cawapres, memang tahapan kerja sama PDI Perjuangan dengan PPP belum masuk tahapan itu, mungkin nanti akan kami bahas setelah tahapan ini tuntas selesai," kata Mardiono menjawab pertanyaan wartawan.Tentu sebelum nanti ke pelaminan, ke KPU, akan ada pembahasan-pembahasan itu," kata Mardiono.

Megawati dan Mardiono beserta jajaran pengurus pusat masing-masing partai bertemu selama lebih dari 1 jam. Pertemuan antara Megawati dan Mardiono itu merupakan yang pertama setelah dua partai itu secara resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. []

Topik Menarik