Loading...
Loading…
Ada Apa dengan Tanggal 28 September 2022? Yuk Simak Bersama Ulasannya!

Ada Apa dengan Tanggal 28 September 2022? Yuk Simak Bersama Ulasannya!

Powered by BuddyKu
Teknologi | Delta3 | Selasa, 27 September 2022 - 10:26

delta3.co.id Tanggal 28 September 2022 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ini terdapat peringatan Hari Kereta Api Indonesia.

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 28 September 2022. kuatbaca.com, Selasa (27/09/2022)

Hari Kereta Api Indonesia

Hari Kereta Api Indonesia berkaitan erat dengan sejarah perkeretaapian Indonesia.

Beberapa hari pasca kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, para pejuang melakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang.

Puncaknya adalah pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api di Bandung pada tanggal 28 September 1945.

Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Indonesia. Hari ini juga sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Hari Internasional untuk Akses Universal terhadap Informasi

Hari Internasional untuk Akses Universal terhadap Informasi diperingati pada tanggal 28 September setiap tahun. Hari ini juga biasa disebut sebagai Hari Hak Untuk Tahu Internasional.

Hari ini dibuat untuk mendukung gagasan bahwa setiap orang di seluruh dunia memiliki hak dasar untuk mencari, menerima dan menyebarkan informasi. Hak ini juga terkait dengan hak atas kebebasan berekspresi.

Hak atas informasi diperlukan masyarakat untuk terlibat dalam proses pembuatan keputusan oleh pemerintahan yang demokratis, sekaligus mengetahui kebijakan-kebijakan yang akan dibuat pemerintah.

Hal ini penting untuk mencegah penyelewengan kekuasaan oleh pemerintah.

Hari Internasional untuk Akses Universal terhadap Informasi diinisiasi oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO).

Majelis Umum PBB kemudian menetapkan hari ini pada tahun 2019.

Hari Rabies Sedunia

Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya penyakit ini.

Tak hanya itu, hari ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang cara memberantas rabies pada manusia dan hewan peliharaan dengan tepat.

Setiap tahun, lebih dari 60.000 orang di seluruh dunia meninggal karena infeksi rabies. Anjing adalah hewan yang paling umum terkena rabies, dengan lebih dari 99 persen kasus manusia berasal dari gigitan anjing.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan rabies sebagai penyakit yang 100 persen dapat dicegah.

Dengan adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat, LSM dan pemerintah di seluruh dunia untuk bersama-sama mencegah dan menghentikan rabies.

Artikel Menarik Lainnya

Original Source

Topik Menarik